Gubernur Edy: Baca Koran Turut Jaga Aset Bangsa, Tapi Jangan Main “Tiko” Ya

Berita Utama, Medan123 Dilihat

Medan, 23/9 (Batakpost.com)- Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, meminta para siswa SMA dan SMK gemar baca koran. Sebab dengan membaca koran, telah turut menjaga aset bangsa.

Selain itu, Gubernur Edy Rahmayadi juga meminta para siswa menggali pengetahuan dengan membaca koran. Ia menilai koran bukan saja sebagai media informasi, tetapi juga media ilmu pengetahuan.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy pada acara Indonesia Membaca “Kampanye Gerakan Baca Koran” yang digelar Serikat Perusahaan Pers (SPS) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Kamis (22/09/2022).

Edy Rahmayadi pun menginstruksikan kepada seluruh kepala sekolah SMA dan SMK untuk menyediakan minimal 5 jenis koran atau surat kabar di sekolah masing-masing. “Nanti tolong diperhatikan itu,” kata Edy.

Baca Juga:  3.517 Wartawan Lolos Seleksi Fellowship Perubahan Perilaku

BACA JUGA: PWI Sumut Teken Kerja Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Henky: Pertama Kali di Indonesia

Ia juga akan turut memikirkan bagaimana perkembangan masa depan koran di Sumut di tengah perkembangan era digitalisasi. “Nanti semualah kita pikirkan,” ujar Edy.

Begitu pun, kepada para pengelola koran, diharapkan Edy untuk menyajikan informasi-informasi positif. “Jangan pula asyik informasi sex aja, pemerkosaan aja. Berita-berita yang baguslah,” sarannya.

Mantan Pangkostrad itu pun juga mengharapkan koran menyajikan informasi yang akurat, yang didukung dengan data-data dan tidak memuat berita hoax.

“Bagaimana pun koran merupakan aset bangsa. Sejak jaman penjajahan dan kemerdekaan, koran telah mewarnai wajah Indonesia. Karena itu koran harus dijaga, tapi janganlah main ‘tiko’ ya,” pungkas Edy.

Baca Juga:  Pangdam Minta Masyarakat Korban Gempa Untuk Tabah dan Ikhlas

Pada kesempatan itu Ketua SPS Sumut, Farianda Sinik Putra, mengatakan, acara Indonesia Membaca “Kampanye Gerakan Baca Koran” dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian Hari Literasi Nasional 2022.

Menurut Farianda, mau tidak mau koran ataupun surat kabar akan terus menunjukkan eksistensinya di tengah ketatnya persaingan di era digitalisasi saat ini.

BACA JUGA: Bakhtiar Sibarani Tanggapi Isu Soal Pj Bupati Tapteng Tidak Netral di Pilkada 2024

Farianda Putra Sinik yang juga Ketua PWI Sumut itu mengharapkan dukungan dari seluruh pihak, termasuk dari jajaran Pemprov Sumut dan Pemkab/Pemko. “Insyallah koran akan terus menyajikan informasi yang positif, informatif dan edukatif kepada pembaca,” sambungnya.

Baca Juga:  Ephorus Emeritus HKBP Pdt WTP Simarmata Tutup Usia

Adapun para siswa SMA dan SMK yang mengikuti acara Indonesia Membaca “Kampanye Gerakan Baca Koran” terdiri dari berbagai sekolah yang jumlah ratusan orang.

Pada kesempatan itu, Pengurus SPS Sumut juga menggelar kuis berhadiah sejumlah uang tunai dan tas sekolah kepada siswa yang hadir secara fisik maupun secara virtual.

Acara itu turut dihadiri Kadis Pendidikan Sumut, Asren Nasution, Plt Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus, Ketua JMSI Sumut, Rianto Aghly, Wakil Ketua SPS Sumut, Agus Lubis, Ketua Panitia, Hendrik Siregar, Ketua SMSI Sumut, Zulfikar Tanjung, dan Sekretaris Erris J Napitupulu, serta sejumlah pimpinan redaksi. (ril/jas)