Berita UtamaBudaya

11 Agustus 2024 Pomparan Raja Sonang se-Dunia Gelar Doa Lintas Agama sekaligus Revitalisasi Kawasan Tugu Raja Sonang di Samosir

789
×

11 Agustus 2024 Pomparan Raja Sonang se-Dunia Gelar Doa Lintas Agama sekaligus Revitalisasi Kawasan Tugu Raja Sonang di Samosir

Sebarkan artikel ini
Inilah Tugu Raja Sonang yang berada di Rianiate Onan Runggu, Kabupaten Samosir yang akan direvitalisasi. Tampak dalam gambar Punguan Raja Sonang dari Pandan Tapanuli Tengah saat ziarah ke Tugu Raja Sonang. (Batakpost.com/Jasgul)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 2/7 (Batakpost.com)– Dalam rangka menjalin tali kasih persaudaraan atau silaturahim antar pomparan (keturunan) Opung Raja Sonang serta masyarakat luas, Pomparan Raja Sonang yang terdiri dari marga Gultom, Samosir/Harianja, Pakpahan, Sitinjak yang berada di Bona Pasogit dan yang berada perantauan, sepakat untuk melakukan revitalisasi kawasan Tugu Raja Sonang yang berada di Desa Rianiate Onan Runggu, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Kegiatan revitalisasi ini akan diisi dengan doa lintas agama pada tanggal 10 Agustus 2024 di lokasi tugu Raja Sonang, sebagai wujud syukur atas enam tahun pesta bolon Raja Sonang berlangsung, sekaligus memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar keturunan Raja Sonang, Boru, Bere dan Ibebere di belahan dunia semakin bersatu dan diberkati.

Ketua Panitia Kegiatan, Prof. Dr. Dr. Dr. Ir. Juni Gultom, ST., MTP, yang dikonfirmasi batakpost.com, Selasa (2/7/2024) menyampaikan, demi tercapainya Sumber Daya Manusia (SDM) serta untuk meningkatkan nilai persatuan dan kesatuan yang rukun damai, perlu dilaksanakan kegiatan tersebut sebagai wujud kecintaan kepada leluhur Raja Sonang.

“Selain itu, kita juga melihat perlu dilakukan revitalisasi kawasan dan lingkungan Tugu Raja Sonang sebagai simbol persatuan dan kesatuan seluruh pomparan Raja Sonang dan mengembangkan kawasan bernilai budaya serta mewarnai sejarah perkembangan suku Batak di seluruh dunia. Itulah tujuan dari kegiatan akbar yang akan kita laksanakan tanggal 11 Agustus 2024 mendatang,” terangnya.

Untuk itulah dia memohon atas nama panitia agar semua keturunan Raja Sonang, Boru, Bere, dan Ibebere di manapun berada untuk turut berpartisipasi dalam mendukung kegiatan tersebut, baik itu dari materil dan juga moril.

Ketua Panitia Doa Lintas Agama dan Revitalisasi Tugu Raja Sonang, Prof. Dr. Dr. Dr. Ir. Juni Gultom, ST., MTP, bersama dengan Istri Boru Batuara. (Batakpost.com/Ist)

Guru Besar di Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang itu menambahkan, dalam kegiatan revitalisasi itu akan dilakukan perluasan lahan Tugu Raja Sonang, Pembangunan lingkungan yang representative serta pembangunan gedung serbaguna dan bangunan pendukung manfaat.

“Anggaran yang kita butuhkan untuk revitalitasi itu sebesar Rp 2,5 miliar. Kami sangat mengharapkan dukungan dan peran serta dari kita semua keturunan Raja Sonang, Boru, Bere, Ibebere, baik itu lewat dana toktok ripe (iuran per keluarga) dan juga dukungan pribadi. Dukungan dana dapat ditransfer ke Nomor Rekening Bank BNI: 0751430347 atas nama Dr. Lasmaida Gultom,” imbaunya.

Untuk memantapkan persiapan kegiatan sambung Prof Juni, pada tanggal 13 Juli 2024 akan diadakan rapat persiapan di Ayolah Hotel, di Jalan Dolok Sanggul-Siborongborong, Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan, pukul 08.00 WIB sampai selesai.

“Ini menjadi undangan resmi kepada keturunan Raja Sonang, Boru, Bere dan Ibebere untuk berkenan hadir dalam rapat tersebut,” ajaknya.

Untuk diketahui, Tugu Raja Sonang ini telah diresmikan pada tanggal 8-10 Agustus 2018 lalu dalam Pesta Bolon di Bona Pasogit. (Jasgul)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300