Humbahas

Pemkab Humbahas Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

118
×

Pemkab Humbahas Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini
Pemkab Humbahas Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Humbahas, 3/6 (Batakpost.com) – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Perkantoran Bupati Bukit Inspirasi, Sabtu (1/6). Upacara ini dipimpin oleh Plh. Sekda Jaulim Simanullang sebagai Inspektur Upacara dan Ipda Sahat Manalu sebagai Komandan Upacara.

Upacara tersebut dihadiri oleh berbagai elemen, termasuk TNI/Polri, Satpol PP, Damkar, Dishub, seluruh ASN, siswa, mahasiswa, organisasi kemasyarakatan, dan anggota pramuka. Selain itu, turut hadir pula Forkopimda, Ketua DPRD Ramses Lumban Gaol, Kabag Ops Polres Humbahas Kompol Firman P. S.H, Pabung Humbahas Mayor Ojak Simarmata, Wakil Ketua TP. PKK Humbahas Ny. Erma Oloan Paniaran Nababan, pimpinan OPD, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta perwakilan BUMN dan BUMD.

Dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, upacara ini diisi dengan pembacaan Pancasila oleh Ketua DPRD Ramses Lumban Gaol dan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Anggota DPRD Daniel Banjarnahor.

Plh. Sekda Jaulim Simanullang dalam sambutannya yang mengutip Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, menekankan bahwa Pancasila adalah bintang penuntun bangsa. “Pancasila dan nilai-nilai yang dikandung di dalamnya menjadi panduan kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita para pendiri negara,” ujarnya.

Pancasila dianggap sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, dengan nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada di Indonesia disebut sebagai berkat yang terajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Yudian Wahyudi juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan. “Sebagai ‘Leitstar Dinamis’, Pancasila adalah bintang penuntun yang membawa Indonesia menuju kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini,” tambahnya.

Plh. Sekda juga menekankan pentingnya menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja dan dirasakan kehadirannya oleh seluruh rakyat Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan semangat Pancasila, keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin serta rakyat Indonesia juga sangat penting.

Dalam menghadapi kemajuan teknologi komunikasi yang pesat, Pancasila diharapkan menjadi filter agar Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. “Kemajuan teknologi informasi saat ini harus dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tutup Jaulim Simanullang.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300