Meskipun Pandemi PTAR Tetap Komit Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Batangtoru, 13/8 (Batakpost.com)- Meskipun pandemi COVID-19 masih berlangsung, komitmen PTAR untuk terus berperan meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat tidak luntur. Terbukti, nilai beasiswa Martabe Prestasi pada 2022 meningkat 24% menjadi Rp1,87 miliar dibanding tahun sebelumnya.

Jumlah penerima manfaat tahun ini pun naik 17% menjadi 288 siswa. Sebanyak 206 siswa atau 72% dari jumlah penerima manfaat adalah siswa yang baru mendaftar tahun ini, terdiri dari 196 penerima beasiswa reguler dan 10 penerima beasiswa khusus. Adapun, 82 siswa menerima beasiswa lanjutan, mencakup 56 penerima beasiswa reguler dan 26 penerima beasiswa khusus.

BACA JUGA: Agincourt Resources Gelontorkan Beasiswa Martabe Prestasi Rp 1,87 Miliar

Hal itu terungkap pada acara Penganugerahan beasiswa Martabe Prestasi tahun ajaran 2022-2023 yang dilangsungkan di Sopo Daganak di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Rabu (10/8).

Baca Juga:  Martabe Gold Mine Sukses Gelar Journalist Zoom Sessions 2020

Naiknya jumlah penerima manfaat beasiswa diapresiasi Aripay Tambunan dari Dewan Pendidikan Sumatera Utara. Menurutnya, semakin banyak jumlah penerima beasiswa, akan tercipta semakin banyak lulusan berpendidikan untuk mengembangkan Tapanuli Selatan.

Senior Manager Community PTAR, Christine Pepah, menjelaskan seluruh siswa penerima beasiswa terbagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan tingkat pendidikan dan manfaat. Rinciannya, 93 siswa SD dan 51 siswa SMP untuk kategori Penghargaan Prestasi Akademis (PPA). Mereka akan mendapat bantuan pendidikan di tahun berjalan senilai Rp 500.000 untuk setiap siswa SD dan Rp 700.000 untuk setiap siswa SMP.

“Selain itu, 23 siswa SMA/sederajat untuk kategori Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (PPB) regular dan 8 siswa SMA mendapat PPB Khusus. Tiap siswa peraih PPB regular tingkat SMA/sederajat akan memperoleh manfaat senilai Rp 3 juta per tahun,” ujar Christine.

Baca Juga:  Pemenang Journalistic Martabe Award Studi Banding ke Bekas Tambang Newmont Minahasa

BACA JUGA: Mangkuling Mudar, Aksi 1.000 Lilin Marga Hutabarat Sibolga-Tapteng Untuk Brigadir Josua

Sementara itu, 10 mahasiswa meraih Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (PBB) jenjang D3 dan S1 perguruan tinggi negeri dan swasta di Tapanuli Selatan menerima beasiswa senilai Rp 6 juta tiap mahasiswa per tahun. Sedangkan 19 mahasiswa kategori PBB jenjang D3 dan S1 dari perguruan tinggi negeri dan swasta di luar Tapanuli Selatan mendapat manfaat Rp 12 juta tiap mahasiswa per tahun.

Baca Juga:  PTAR Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis, Jumlah Pasien Lampaui Target

Juga ada dua mahasiswa mengantongi PBB jenjang S1 di 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Unggulan Nasional, masing-masing lulus di jurusan pertanian Universitas Sumatera Utara dan jurusan manajemen Universitas Diponegoro. Sisanya, sebanyak 82 siswa menerima manfaat lanjutan tingkat SMA sampai dengan perguruan tinggi tahun 2019-2021. Penerima PBB khusus tingkat SMA sampai perguruan tinggi mendapat seluruh biaya pendidikan.

Selain memberikan beasiswa, PTAR akan menyediakan program bimbingan belajar gratis bagi siswa-siswi tingkat SMP kelas IX dan tingkat SMA kelas XII jurusan IPA dan IPS yang difasilitasi Lembaga Bimbingan Belajar Profesional. Tujuannya, agar tercipta peluang kelulusan di PTN Unggulan dan SMA Unggulan yang ditetapkan PTAR. (ril/red)