Agincourt Resources Gelontorkan Beasiswa Martabe Prestasi Rp 1,87 Miliar

Batangtoru, 12/8 (Batakpost.com)-PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, kembali menyalurkan Beasiswa Martabe  Prestasi tahun ajaran 2022/2023 kepada 288 siswa berprestasi, senilai total Rp1,87 miliar.

Wakil Presiden Direktur PTAR, Ruli Tanio, menyampaikan apresiasi kepada para siswa berprestasi yang sudah berjuang untuk memperoleh beasiswa Martabe Prestasi. Ia berpesan agar para siswa tetap semangat dan jangan pernah putus asa dalam menggali ilmu, serta dapat memanfaatkan kekuatan teknologi untuk menghasilkan karya terbaik dan bermanfaat bagi banyak orang.

“Kami di PTAR bertekad mendorong pengembangan masyarakat dari berbagai aspek, termasuk kesehatan dan pendidikan. Kami akan terus meningkatkan kontribusi dan nilai tambah bagi masyarakat sekitar,” ujarnya, Rabu (10/8) secara virtual pada acara Penganugerahan Beasiswa Martabe di Sopo Daganak, Batangtoru.

BACA JUGA: PTAR Bina Warga Desa Sumuran Mengolah Minuman Herbal dari Akar Rimpang

Dengan beasiswa tersebut kata Ruli memungkinkan siswa di Tapanuli Selatan untuk mendapatkan peluang dan akses kepada pendidikan terbaik yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, khususnya di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Penganugerahan beasiswa Martabe Prestasi ini dihadiri General Manager Operations PTAR Rahmat Lubis, Senior Manager Community PTAR Christine Pepah, Plt. Kacabdis Pendidikan Sidimpuan Al Benny Hevi Damanik, Kepala Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan Arman Pasaribu, Dewan Pendidikan Sumatera Utara Aripay Tambunan, Ketua MUI Batangtoru Hotlan Dalimunthe, dan pemerhati pendidikan OK Hazmi Usman Siregar.

Dalam sambutannya Rahmat Lubis mengatakan, Martabe Prestasi merupakan salah satu Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bidang pendidikan yang bertujuan meningkatkan kualitas dan akses pendidikan bagi siswa berprestasi yang berkomitmen besar untuk mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Ini adalah kali keenam penyelenggaraan Program Beasiswa Tambang Emas Martabe. Jika ditotal sejak digelar perdana pada 2017 hingga 2022, PTAR telah menggelontorkan dana Rp5,54 miliar bagi 1.255 penerima manfaat, siswa tingkat SD hingga universitas dari keluarga kurang mampu asal Tapanuli Selatan, Sumatera Utara,” ujarnya.

Dijelaskan Rahmat, Martabe Prestasi dimulai sejak 2017 dengan cakupan penerima manfaat di dua kecamatan yaitu, Batangtoru dan Muara Batangtoru. Dengan semangat membawa perubahan, mulai tahun 2022 cakupan penerima manfaat diperluas sampai tingkat SMA dan perguruan tinggi yang meliputi seluruh wilayah di Kabupaten Tapanuli Selatan,” kata Rahmat. (ril/red)