Gubsu Launching SMKN 3 Sibolga dan SMKN 1 Lumut Sebagai SMK Pusat Keunggulan

Tapteng, 28/9 (Batakpost.com)- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi resmi melaunching Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Sibolga dan SMKN 1 Lumut (Tapteng) sebagai SMK Pusat Keunggulan zona satu, Provinsi Sumatera Utara.

Acara launching itu dipusatkan di SMK Negeri 3 Sibolga, di Jalan Tukka, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Rabu (28/9/2022).

Selain SMK Negeri 3 Sibolga dan SMK Negeri 1 Lumut (Tapteng), ada 6 SMK yang berada di zona satu Sumut juga disahkan Gubsu sebagai SMK Pusat Keunggulan, yaitu, SMK Negeri 3 Pematangsiantar, SMK Negeri Batubara, SMK Panyabungan, SMK Swasta Al Washliyah Perdagangan Simalungun, SMK Negeri 1 Tapanuli Selatan.

BACA JUGA: Kapolres Tapteng: Penyalahgunaan Narkoba Tertinggi di Indonesia Ada di Sumut

Dalam sambutannya Edy Rahmayadi mengatakan, melalui SMK Pusat Keunggulan akan lahir lulusan-lulusan SMK yang siap pakai dengan kemampuan masing-masing.

“Saya sangat serius untuk meningkatkan mutu pendidikan Sumatera Utara yang kita cintai ini, karena itu salah satu visi-misi kami. Dengan kehadiran SMK ini, anak-anak kita akan dibekali dengan berbagai ilmu sesuai dengan keunggulan sekolah masing-masing dan mereka siap untuk bekerja,” ungkapnya.

Untuk itulah Gubsu meminta para guru dan Kepala Sekolah benar-benar memberikan pendampingan kepada para siswa dengan menggali potensi-potensi yang ada di sekolah masing-masing.

Selain itu, Gubernur juga menekankan bahwa kejujuran dan kasih sayang menjadi modal utama. “Jadilah guru yang jujur, murid yang jujur serta memiliki kasih sayang,” pungkasnya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat memberikan motivasi kepada para siswa SMK dan para guru pada acara Launching SMK Pusat Keunggulan zona satu Sumut, Rabu (28/9/2022) di SMK Neeri 3 Sibolga. (Batakpost.com/Jas)
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat memberikan motivasi kepada para siswa SMK dan para guru pada acara Launching SMK Pusat Keunggulan zona satu Sumut, Rabu (28/9/2022) di SMK Neeri 3 Sibolga. (Batakpost.com/Jas)

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Asren Nasution dalam laporannya menyampaikan, bahwa kedelapan SMK Pusat Keunggulan zona satu memiliki berbagai keunggulan, seperti Agribisnis, Perhotelan, Teknologi, Teknik Isolasi Listrik, Teknologi Informatika.

Adapun total jumlah siswa SMK Pusat Keunggulan zona satu kata Kadis, sebanyak 7.715 orang.

“Dengan hadirnya SMK Pusat Keunggulan ini, maka sebanyak 7.715 lulusan SMK siap pakai dari zona satu ini. Bahkan saat masih sekolahpun mereka sudah bisa menghasilkan uang dengan keahlian yang mereka miliki,” sebut Asren yang disambut dengan tepuk tangan.

Launching SMK Pusat Keunggulan ini ditandai dengan penandatanganan prasasti masing-masing SMK Pusat Keunggulan oleh Gubernur Sumatera Utara.

BACA JUGA: Percontohan Kampung Pancasila Wilayah Korem 023/KS Ikut Lomba Tingkat Kodam   

Di kesempatan itu juga, Gubernur Edy meninjau pameran hasil karya dari masing-masing SMK Pusat Keunggulan zona satu.

Turut hadir dalam acara ini Direktur SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Disdik) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Dr Wardani Sugiyanto, M.Pd, dan Dr Ali Murtopo Simbolon Direktur Industri Elektronika dan Telematika yang merupakan alumni dari SMAN 1 Matauli Pandan. Kedua tamu khusus ini sengaja diundang Kepala Dinas Pendidikan Sumut untuk memberikan materi.

Juga turut hadir Danrem 023/KS, Kol Inf Doddy Triwinarto, S.I.P, M. Han, Pj Bupati Tapteng, Yetty Sembiring, S.STP, MM, Dandim 0211/TT Letkol Czi Mangatas P Sibuea, SH, M.Han, Kapolres Tapteng, AKBP Jimmy Christian Samma, S.IK, Kapolres Sibolga, AKBP Taryono, SH, S.IK, Para Kepala Sekolah SMA-SMK se-Cabdis Sibolga, serta undangan dan siswa SMA-SMK. (Jas)