Percontohan Kampung Pancasila Wilayah Korem 023/KS Ikut Lomba Tingkat Kodam   

Tapteng, 27/9 (Batakpost.com)- Percontohan Kampung Pancasila yang berada di Desa Kebun Pisang, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, ikut lomba Kampung Pancasila tingkat Kodam I/BB.

Kampung percontohan Kebun Pisang yang berada di Kodim 0211/TT ini, menjadi perwakilan Korem 023/KS dalam lomba tersebut.

Untuk melihat keberadaan Kampung Pancasila ini, Danrem 023/KS  Kolonel Inf Dody Triwinarto, S.I.P., M.Han, didampingi Ketua Tim Penilai dari Kodam I/BB, Kolonel Kav Sudrajad Dirgayu, meninjau langsung keberadaan Kampung Pancasila, Selasa (27/9/2022).

Setibanya di lokasi, Danrem dan rombongan disambut dengan tarian tradisional dari berbagai suku (Batak, Nias, Jawa, Melayu) yang dilanjutkan dengan pemberian Ulos.

Danrem mengatakan, Kampung Pancasila yang berada di Desa Kebun Pisang, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah, menjadi Kampung Percontohan, dan akan mengikuti Lomba Kampung Pancasila Tingkat Kodam I/BB yang diikuti 5 Korem dan 1 Kodim Medan/BS, yang berada di jajaran Kodam I/BB.

BACA JUGA: Danrem Silaturahmi dengan Wali Kota Sibolga Sekaligus Serahkan Buku Kisah KSAD

Pencanangan Kampung Pancasila ini kata Danrem, merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI AD guna membumikan Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan teknologi dan jaman.

“Kampung Pancasila didirikan untuk membangkitkan kembali  semangat pengamalan Pancasila, yang merupakan landasan dan dasar negara. Selain itu, untuk menanamkan rasa kebangsaan dan nasionalisme dalam hidup berbangsa dan bernegara di lingkungan masyakat,” kata Danrem.

Mudah-mudahan dengan adanya Kampung Pancasila, dapat membawa kemajuan desa dan tetap menjadi masyarakat Pancasila yang sejati.

Turut hadir dalam peninjauan ini, Dandim 0211/TT, Letkol Czi Mangatas P Sibuean, SH, M.Han, Kasiterrem, Kapenrem 023/KS, Danramil 04/Pinangsori, Kapten Chb Firman Sitompul, Kapolsek Pinangsori, Camat Badiri, dan Kepala Desa Kebun Pisang. (ril/jas)