Workshop Pra UKW SPS Sumut dan PWI Sumut Sukses

Medan180 Dilihat

Medan, 28/7 (Batakpost.com)- Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mendukung kegiatan peningkatan kualitas dan profesionalisme wartawan lewat Workshop Pra UKW. Hal ini dikarenakan peran media turut berperan dalam pembangunan daerah khususnya di Sumut.

Demikian disampaikan Kabag Pengelolaan dan Komunikasi Publik Kominfo Sumut Abdul Aziz Batubara pada pembukaan Workshop Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Sumut) di Hotel Le Polonia Medan, Rabu (27/7).

Baca Juga:  Menuju Porwanas 2022 Fufsal PWI Sumut Targetkan Sumbang Medali

Mewakili Plt Kadis Kominfo Sumut Kaiman Turnip, Aziz menambahkan bahwa peran wartawan amat dibutuhkan dalam mendukung program-program yang dilaksanakan oleh Pemprov Sumut.

“UKW ini amat penting karena menunjang kompetensi dan profesionalisme wartawan itu sendiri dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya. Selain itu UKW juga menambah wawasan, pengalaman serta mengukur kompetensi wartawan,” sebutnya.

BACA JUGA: Brando Gultom Anak Guru dari Sipahutar Lulus di Universitas of British Columbia Lewat Jalur Beasiswa  

Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik menyebutkan kegiatan Workshop Pra UKW ini untuk membekali para peserta agar tidak ‘terkejut badan’ alias siap tempur menghadapi ujian nantinya. Dengan demikian, peserta tidak ada alasan lagi apabila dinyatakan belum kompeten.

Baca Juga:  Pentas Parodi Ala Wartawan PWI Sumut Sukses, Ternyata Banyak Bakat Terpendam

“Jadi, pra UKW ini kami gelar bersama PWI Sumut untuk memberi pembekalan kepada peserta agar siap secara mental dan kemampuan serta tidak nervous lagi. Alhasil, target lulus 100 persen dapat tercapai,” papar Farianda yang juga Ketua PWI Sumut.

Pada workshop tersebut, peserta dibekali pemahaman terkait UU Pers No 40/1999, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) serta etika/hukum pers. Nantinya, kegiatan UKW digelar pada 29-30 Juli nanti di tempat yang sama.

Baca Juga:  9 Peserta UKW Angkatan 38 PWI Sumut Belum Kompeten

Ketua Panitia Agus Salim Ujung melaporkan peserta UKW yang bertemakan “Meningkatkan Kompetensi Wartawan Yang Profesional, Beretika, dan Bermartabat” terdiri atas 60 orang yang terbagi dalam 10 kelas (1 tingkat Utama, 2 Madya, dan 7 Muda). (ril)