Aslab

Pemkab Asahan dan Baznas Gelar Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim di Simpang Empat

86
×

Pemkab Asahan dan Baznas Gelar Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim di Simpang Empat

Sebarkan artikel ini
Pemkab Asahan dan Baznas Gelar Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim di Simpang Empat
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Asahan, 26/6 (Batakpost.com) – Pemerintah Kabupaten Asahan bersama dengan Baznas Kabupaten Asahan menggelar acara Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim di Lapangan Kantor Camat Simpang Empat pada Selasa (25/06/2024). Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Asahan, Kabag Kesra Setdakab Asahan, Forkopimcam Simpang Empat, Ketua Baznas Kabupaten Asahan, Kepala Desa se-Kecamatan Simpang Empat, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Baznas Kabupaten Asahan, Ir. H. Ansari Margolang, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program kesehatan dan kemanusiaan yang dilaksanakan oleh Baznas Kabupaten Asahan dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Asahan. “Program ini dapat berjalan atas dukungan dan bantuan Pemerintah Kabupaten Asahan. Karena 80% Zakat, Infaq, dan Sadaqah berasal dari ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan,” ujarnya.

Ansari menjelaskan lebih lanjut bahwa program kesehatan dan kemanusiaan yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Asahan, salah satunya adalah Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim yang diadakan hari ini. “Untuk Khitanan Massal, ada 65 anak yang mengikuti dan untuk santunan anak yatim ada 105 anak yang akan diserahkan. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu masyarakat di Kabupaten Asahan dan akan terus berlanjut ke depannya,” harapnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si, menyerahkan santunan kepada anak yatim secara simbolis sebelum memberikan bimbingan dan arahannya. Taufik Zainal Abidin Siregar menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan manifestasi dari pelaksanaan ibadah kepada Allah SWT. “Kita doakan, mudah-mudahan anak-anak kita yang baru dikhitankan ini benar-benar menjadi anak yang shaleh, taat pada Allah, berbakti kepada kedua orang tuanya, berguna bagi nusa dan bangsa,” katanya.

Wakil Bupati juga menegaskan bahwa khitanan massal ini merupakan kegiatan mulia yang dapat menjalin tali silaturahim serta sebagai wujud sumbangsih dan kepedulian kepada masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu. “Ini sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat, untuk mengukuhkan keislaman mereka serta memberikan pelajaran kepada anak-anak tentang pentingnya syari’at khitanan massal bagi kaum muslimin,” ujarnya.

Taufik Zainal Abidin Siregar menambahkan bahwa khitan memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi kepentingan syiar Islam. “Khitan bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani. Selain itu, khitan juga dianggap sebagai salah satu media penyucian diri dan bukti ketundukan seseorang kepada ajaran agamanya,” jelasnya.

Melalui khitan, seorang anak sejak dini diajarkan mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan badan, terutama alat kelaminnya. “Bagi laki-laki, khitan berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah,” pungkasnya.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300