Imigrasi Sibolga puji Kelengkapan Dokumen TKA di Tambang Emas Martabe

Sibolga, 23/1 (Batakpost.com)- Kepala Kantor Imigrasi Kota Sibolga, Saroha Simanullang memuji kinerja PT Agincourt Resources atau yang lebih dikenal dengan Tambang Emas Martabe. Di mana perusahaan tambang yang berada di Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera itu, kelengkapan dokumen-dokumen keimigrasian bagi pekerja asing yang ada di sana lengkap.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja perusahaan dalam hal pelaporan dan kelengkapan dokumen-dokumen keimigrasian setiap pekerja asing yang berada dan bekerja di PT Agincourt Resources,” kata Saroha Simanullang kepada media ini, Sabtu (22/1) di Sibolga.

Dikatakannya, Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Sibolga yang langsung dipimpinnya melakukan kunjungan ke PT Agincourt Resources, Jumat (21/1) kemarin. Tujuannya adalah, untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan dan pendataan kegiatan orang asing yang ada di sana dan juga sub kontraktor selama pandemi COVID-19.

BACA JUGA: Tambang Emas Martabe Salurkan Beasiswa Senilai Rp1,51 Miliar Kepada 246 Pelajar dan Mahasiswa

“Saya sangat senang karena tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian yang dilakukan oleh pekerja asing yang ada di sana dan juga sub kontraktor. Mudah-mudahan ke depannya perusahaan-perusahaan lain yang memiliki Tenaga Kerja Asing (TKA) tetap melaporkan secara rutin melalui Aplikasi Orang Asing (APOA) maupun langsung melalui media elektronik yang dimiliki oleh Kantor Imigrasi Sibolga, ” imbau Saroha.

Kedatangan petugas Imigrasi Sibolga ke PTAR disambut baik oleh pihak perwakilan perusahaan, Tulus Manalu. Sebelum masuk ke area perusahaan, para petugas terlebih dahulu menjalanai tes swab antigen untuk memastikan kesehatan semua anggota.

BACA JUGA:Imigrasi Sibolga Kanwil Kemenkumham Sumut Raih Penghargaan Terbaik Publikasi Kehumasan

Pada kesempatan itu juga, Saroha menyampaikan sosialisasi Eazy Paspor di depan para pimpinan dan manajemen dari PTAR. Di mana program itu adalah program jemput bola dari Direktorat Jenderal Imigrasi untuk memudahkan seluruh warga Negara Indonesia dalam membuat paspor baru atau melakukan penggantian paspor di luar kantor Imigrasi.

Dengan layanan program ini, pemohon paspor cukup mengirimkan surat permohonan kepada kantor Imigrasi setempat dan petugas Imigrasi akan datang ke tempat pemohon untuk melaksanakan Eazy Paspor. (ril)