Forkopimda Taput Sepakat Tanggap Darurat Bencana Diperpanjang

Tapanuli Utara115 Dilihat

Taput 7/10 (Batakpost.com)- Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si bersama Forkopimda Tapanuli Utara didampingi Sekretaris Daerah Taput Drs. Indra Simaremare, M.Si dan Kaban BPBD Bonggas Pasaribu dan beberapa pimpinan perangkat daerah terkait memimpin rapat Forkopimda tentang tindak lanjut tanggap bencana Tapanuli Utara (Taput).

Rapat itu digelar di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (6/10/2022).

Bupati menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam menetapkan kesepakatan Forkopimda terkait penyaluran donasi “Tapanuli Utara Margogo” agar dapat sampai ke masyarakat yang terdampak gempa pada Sabtu 1 Oktober 2022 lalu.

BACA JUGA: Polres Sibolga Berangkatkan Bantuan Untuk Korban Gempa Taput

Gempabumi yang telah terjadi mengakibatkan banyak kerusakan pada bangunan-bangunan fisik seperti rumah penduduk, tempat ibadah, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, kantor pemerintah dan juga kantor swasta serta sarana-prasarana lainnya.

Baca Juga:  Kini Ada Arena Flying Fox dan Arung Jeram di Kawasan Sungai Situmandi Taput

Menanggapi hal tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tapanuli Utara menyepakati beberapa hal, antara lain; Bahwa Tanggap Darurat Bencana Alam Gempabumi di Kabupaten Tapanuli Utara diperpanjang selama 7 hari ke depan (8-14 Oktober 2022). Penyaluran bantuan uang hasil donasi pihak ketiga kepada masyarakat yang mengalami kerusakan rumah dengan kategori rusak berat, sedang dan ringan menggunakan formula 5 : 2 : 1, (kecuali pemilik 3 unit rumah yang telah diperbaiki di Desa Hutatinggi Kecamatan Parmonangan, atas nama Bona Simamora, Andri Simanjuntak dan Pantun Simamora). Penyaluran bantuan bahan material bangunan rumah penduduk dan rumah ibadah menggunakan formula 5 : 2 : 1 (kecuali gedung milik pemerintah dan swasta/private sector). Bantuan dari BNPB sebesar Rp 250.000.000 yang telah ditransfer dan akan diberikan kepada TNI/Polri sebagai anggaran operasional.

Baca Juga:  Kapolres Tapteng Bagikan 1.150 Masker Kepada Jamaah

Agar bantuan bahan bangunan yang telah tersedia di gudang segera disalurkan. Demikian juga bantuan sembako yang belum disalurkan berupa beras sebanyak 1.975 kg, gula sebanyak 353 kg, minyak goreng sebanyak 1.085 liter, menjadi stok di Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Gempabumi Kabupaten Tapanuli Utara.

BACA JUGA: 77 Tahun Tapanuli Utara, Ini Target dan Skala Proritas Bupati Nikson Nababan

Sementara itu jumlah donasi dari pihak ketiga di rekening Tapanuli Utara Margogo per tanggal 6 Oktober 2022 pukul 16.14.47 WIB sebesar Rp 579.451.674, dan telah digunakan sebesar Rp. 150.000.000. Sehingga saldo akhir menjadi Rp 429.451.674.

Baca Juga:  Aksi Korvegensi Bersama Percepatan Penurunan Stunting di Taput

Untuk perbaikan kerusakan RSUD Tarutung agar segera dilaksanakan dengan menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) Tahun Anggaran 2022.

Dalam rapat itu Bupati Nikson menyampaikan, dalam penanganan bencana di daerah, semua leading sector harus berperan aktif turut bekerja dan bertanggungjawab di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Utara.

Bupati juga mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan informasi yang datangnya bukan dari aparatur yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, yang mengakibatkan menimbulkan kekisruhan dan mungkin merugikan. (ril)