Ini Jumlah Fasilitas Kerusakan di Taput Akibat Gempa

Tapanuli Utara113 Dilihat

Taput, 7/10 (Batakpost.com)- Gempabumi yang terjadi pada 1 Oktober 2022 lalu telah merusak berbagai fasilitas dan juga rumah penduduk di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut).

Berikut ini jumlah kerusakan di Tapanuli Utara sebagaimana disampaikan dalam rapat Forkopimda Tapanuli Utara di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, yang menyepakati perpanjangan masa darurat gempabumi, Kamis (6/10/2022).

Rumah penduduk yang rusak ringan sebanyak 1.308 unit. Rusak sedang 468 unit, rusak berat 352 unit. Tempat ibadah yang rusak ringan 21 unit, rusak sedang 4 unit, dan rusak berat 22 unit. Fasilitas pendidikan rusak ringan 15 unit, rusak sedang 2 unit, rusak berat 22 unit. Fasilitas kesehatan rusak ringan 14 unit, kantor pemerintahan rusak ringan sebanyak 7 unit, dan rusak berat 4 unit.

Baca Juga:  Untuk Ketujuh Kalinya Pemkab Taput Raih WTP Berturut-turut

BACA JUGA: Forkopimda Taput Sepakat Tanggap Darurat Bencana Diperpanjang

Bupati Nikson yang memimpin langsung rapat itu menyampaikan, dalam penanganan bencana di daerah, semua leading sector harus berperan aktif turut bekerja dan bertanggungjawab di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Utara.

Bupati juga menghimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan informasi yang datangnya bukan dari aparatur yang bertanggungjawab di bidangnya.

Sementara itu untuk Donasi “Tapanuli Utara Margogo” kata Bupati masih dibuka dan dibutuhkan uluran kasih dari semua pihak. Semua bantuan akan dilaporkan secara transparan dan berkala serta pemanfaatan juga akan tepat guna dan tepat sasaran, sebut Nikson. (ril)