Direktur ELCA Asia Pasific Sambangi RS HKBP Balige, Doakan Kesembuhan Pasien

Balige, 26/9 (Batakpost.com)- Direktur Evangelical Lutheran Church in America (ELCA) untuk Asia Pasifik Rev. Yoshitaka Franklin Ishida pada hari Sabtu (24/9/2022) melakukan kunjungan ke Rumah Sakit (RS) HKBP Balige sekaligus menyambangi kantor HKBP Aids Ministry (HAM) di tempat yang sama.

Rev. Yoshitaka didampingi Rev. Jessica Desire yang juga Pendeta dari UCC terlibat langsung melakukan dialog terkait pelayanan pencegahan dan pengendalian HIV di wilayah itu.

Ishida sendiri merupakan Direktur untuk Asia dan Pasifik di Unit Misi Global Gereja Lutheran Injili di Amerika.

Ishida sering terlibat dengan gereja-gereja dan lembaga-lembaga di seluruh Asia dan Australia, mengawasi pekerjaan misionaris, dan mengunjungi proyek-proyek pembangunan.

BACA JUGA: Imigrasi Sibolga Raih Nilai Terbaik I dari KPPN, Saroha: Ini Motivasi Untuk Meraih WBK

Demikian keterangan tertulis dari Yayasan Kesehatan HKBP di Balige, yang diterima redaksi batakpost.com, Senin (26/9/2022).

Direktur Evangelical Lutheran Church in America (ELCA) untuk Asia Pasifik Rev. Yoshitaka Franklin Ishida saat menyambangi Rumah Sakit HKBP Balige. (batakpost.com/ist)
Direktur Evangelical Lutheran Church in America (ELCA) untuk Asia Pasifik Rev. Yoshitaka Franklin Ishida saat menyambangi Rumah Sakit HKBP Balige. (batakpost.com/ist)

Sementara itu Pengurus Yayasan Kesehatan HKBP Plt. Sekretris Yayasan dr. Bonar Sinaga. SpOG, Bendahara Nursinta Sinambela dan Dr. Sanco Simanullang, ST, MT, IPM ASEAN Eng didampingi Direktur RS HKBP Balige dr Benny Sinaga SpB, terlihat antusias menerima kunjungan utusan dari ELCA dan UCC itu.

Tampak juga hadir Kabiro Oikumene HKBP Pdt Mika Purba beserta Ketua dan staf HKBP Aids Ministry (HAM).

Pada sesi dialog di Kantor Yayasan Kesehatan HKBP Balige, Ketua HAM dr. Tihar Hasibuan, MARS, meminta agar RSU HKBP Balige mempersiapkan ruang operasi khusus untuk ibu yang akan melahirkan dan terinfeksi HIV maupun Hepatitis.

“Selama ini selalu merujuk ke rumah sakit Tarutung ataupun ke Medan. Mohon difasilitasi di sini,” pinta dr Tihar.

Direktur Rumah Sakit HKBP Balige dr. Benni Sinaga, menegaskan, ruang operasi khusus untuk ibu yang terinfeksi HIV telah siap beroperasi.

“RSU HKBP Balige sudah menambah jumlah ruangan kamar bedah, yang dulunya hanya 1 kamar, tetapi saat ini sudah 3 kamar. Ke depannya kita siap tangani penanganan penyakit infeksius,” jelas dr Benny.

Genjot Pembangunan Fisik dan Infrastruktur

Sementara itu Pengurus Yayasan Kesehatan HKBP dalam kesempatan itu menerangkan capaian program dan hasil kinerja selama bertugas 1 tahun 6 bulan.

BACA JUGA: Ephorus Resmikan Gedung Hemodialisa RS HKBP Balige, Mampu Tampung 25 Pasien Cuci Darah

“Kita sedang genjot pembangunan secara fisik, infrastrukur dan segera mengembangkan SDM,” jelas Plt Sekretaris Yakes dr Bonar Sinaga SpOG dan Nursinta Sinambela.

“Ke depan kita sangat harapkan adanya dukungan putra-putri Batak dan semua pihak membangkitkan kembali kejayaan Rumah Sakit yang telah berusia 104 tahun ini,” timpal Sanco.

Sementara Rev. Jessica Desire mengungkapkan pihaknya berupaya menggalang dukungan dan bantuan terhadap kemajuan rumah sakit HKBP.

Di kesempatan itu dia dan rombongan meninjau sejumlah ruangan RSU HKBP Balige, dan Rev. Jessica Desire berkesempatan mendoakan pasien yang sedang dirawat di ruang ICU. (ril/red)