Di Hari Ulos Nasional 2022, BI Sibolga Gelar Fashion Show Karya Desainer Wignyo Rahadi

Samosir5 Dilihat

Samosir, 17/10 (Batakpost.com)- Di Hari Ulos Nasional yang jatuh pada hari ini, Senin (17/10/2022), Bank Indonesia Sibolga menggelar Fashion Show di Kampung Ulos Huta Raja, Dusun Pardamean, Desa Lumban Suhi-suhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Adapun busana yang dipamerkan dalam Fashion Show ini adalah, busana kontemporer dan modest wear dengan bahan ulos hasil karya dari desainer nasional Wignyo Rahadi.

BACA JUGA: Peringati Hari Ulos Nasional, Besok Akan Ada Parade Ulos Sepanjang 700 Meter di Samosir

Untuk memamerkan hasil karyanya, Wignyo menurunkan 20 model cantik asal Kota Medan. Mereka tampil menggunakan busana hasil kombinasi ulos dengan tenun ATBM motif Ulos Sadum dari 3 kabupaten (Taput, Toba, Pakpak) ditambah batik dari Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Kita mencoba bagaimana suatu daerah bisa mandiri untuk mempromosikan hasil produk ulosnya dengan memanfaatkan masyarakat setempat. Busana yang ditampilkan para model adalah hasil perpaduan elemen histori dengan sentuhan modernitas,” ujar Wignyo kepada batakpost.com, Senin.

Dua model saat mempragakan busa berbahan ulos hasil karya dari desainer ternama Wignyo Rahadi di Kampung Ulos Huta Rasa, Desa Lumban Subi-suhi, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Senin (17/10/2022). (Batakpost.com/Jas)
Dua model saat mempragakan busa berbahan ulos hasil karya dari desainer ternama Wignyo Rahadi di Kampung Ulos Huta Raja, Desa Lumban Suhi-suhi, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Senin (17/10/2022). (Batakpost.com/Jas)

Sebagai bukti kemandirian itu kata Wignyo, para model yang tampil dalam Fashion Show bertajuk “Toba Jou-Jou Festival 2022” memperdayakan model dari Kota Medan.

“Semakin sering mempromosikan produk ulos dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerah, maka kemandirian itu semakin terlihat. Dan itu salah satu motivasi yang kita berikan dengan memanfaatkan semua hasil tenun ulos yang ada di kawasan Tapanuli ini,” ucapnya.

BACA JUGA: 3 Kabupaten di Sumut Terima Penghargaan Initiative Award dari Bank Indonesia

Wignyo menambahkan, selaku desainer yang sering diundang Bank Indonesia untuk memberikan pendampingan kepada para penenun ulos di wilayah kerja Bank Indonesia Sibolga, dia melihat bahwa rasa percaya diri untuk mempromosikan hasil tenun ulos dari masing-masing daerah sudah terlihat.

“Seperti di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), pergerakannya sudah luar biasa. Ekosistem mereka sudah terbentuk. Kalau sudah ada ekosistem, otomatis mereka akan membuat karya, seperti membuat seragam dari kain tenunnya. Mereka juga mengadakan Fashion Show sendiri, bahkan baru-baru ini mereka Fashion Show di Bali. Jadi sudah sangat bagus perkembangannya dan itu didukung dengan kain tenunnya yang kualitas bagus pula,” ungkapnya.

20 Model bersama sang Desainer Wirnyo Rahadi foto bersama dengan Anggota DPR RI Komisi 11 Gus Irawan Pasaribu, KPw BI Sumut, Dody Zulferdi, KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, dan juga para undangan usai acara Fashion Show. (Batakpost.com/Jas)
20 Model bersama sang Desainer Wignyo Rahadi foto bersama dengan Anggota DPR RI Komisi 11 Gus Irawan Pasaribu, KPw BI Sumut, Dody Zulferdi, KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, dan juga para undangan usai acara Fashion Show. (Batakpost.com/Jas)

Sekaitan dengan Hari Ulos Nasional Tahun 2022, Wignyo berpesan agar para penenun ulos menjaga kualitas tenunannya dengan belajar cara penggunaan bahan baku. Mengenal bahan baku itu kata dia, mulai dari benangnya, obat pewarnanya, dan bagaimana bahan dan warnanya tidak kusut dan luntur. Selain itu juga harus melakukan finishing.

BACA JUGA: 3 Kabupaten di Sumut Terima Penghargaan Initiative Award dari Bank Indonesia

“Artinya, kalau hasil tenunannya kotor, harus dicuci dulu. Jangan pembeli disuru mencuci, baru mereka pakai. Jadi harus punya quality control,” tandasnya.

Turut hadir menyaksikan Fashion Show ini Anggota Komisi 11 DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Kepala KPw BI Sumut Dody Zulferdi, Kepala Kantor Perwakilan BI Sibolga, Yuliansah Andrias, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, para tamu dan undangan serta Forkopimda Samosir. (Jas)