Peringati Hari Ulos Nasional, Besok Akan Ada Parade Ulos Sepanjang 700 Meter di Samosir

Samosir7 Dilihat

Samosir, 16/10 (Batakpost.com)- Untuk memperingati dan memeriahkan Hari Ulos yang jatuh pada tanggal 17 Oktober 2022, akan digelar Parade Ulos sepanjang 700 meter di Perkampungan Siraja Batak tepatnya di Sigulatti, Desa Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Menurut keterangan Ketua Panitia Nasional Hari Ulos tahun 2022 Sinta Mauly Agnes Tamba, SH, MKN didampingi Koordinator kegiatan Agustan, bahwa persiapan untuk acara besok sudah maksimal, sebagaimana dikutik dari YouTobe Samosir TV.

“Nanti ulos yang akan kita paradekan sepanjag 700 meter yang dipinjamkan oleh Kilang Kyan Ulos Pematangsiantar. Dan untuk mengaraknya sudah ada ormas dari Pemuda Batak Bersatu (PBB) dan Pemuda Pancasila yang siap berpartisipasi ditambah nanti masyarakat lainnya,” terang Agens.

Agnes juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan memeriahkan Hari Ulos Nasional dengan mengenakan ulos di tempat kerja atau lingkungan masing-masing. Dan kepada warga masyarakat Samosir, diundang untuk ikut bersama-sama mengikuti parade ulos yang akan dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai di Sigulatti.

BACA JUGA: Fashion Show Nuansa Ulos Batak Bertemakan Digital Payment Sukses Digelar

Selain parade ulos, juga akan diadakan pementasan alat musik Batak (Tagading) pertunjukan belada diri Batak (Mossat) dan juga akan ada penun ulos anak-anak yang akan meunjukkan kebolah mereka menenun.

Sementara itu Effendi Naibaho dari Yayasan Pusuk Buhit menjelaskan, Ulos merupakan salah satu warisan budaya Indonesia dari Sumatera Utara yang populer. Pada zaman nenek moyang, ulos sudah menjadi bagian orang Batak. Mulai dari kandungan sampai dengan meninggal, ulos sangat melekat bagi orang Batak.

Untuk itulah dia sangat mendukung kegiatan hari Ulos Nasional yang diadakan di Kabupaten Samosir. Dan pemerintah telah memberikan penghargaan dengan menetapkan Hari Ulos Nasional pada tanggal 17 Oktober, agar jangan ulos ini sampai diklaim menjadi budaya negara lain.

Dia juga berharap keberadaan ulos mampu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melaui UMKM. (red)