Brigjen Donni Hutabarat: TMMD ke-114 Kodim 0211/TT Hasilnya Sangat Positif

Sibolga64 Dilihat

Sibolga, 15/8 (Batakpost.com)- Brigjen TNI Donni Hutabarat  Waaster Kasad Bid Wanwil dan Kermater menyebutkan, bahwa hasil TMMD ke-114 Kodim 0211/TT Tahun 2022 sangat positif, karena dampaknya langsung kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Donni saat melaksanakan peninjauan kegiatan TMMD ke-114 Kodim 0211/TT Tahun 2022 di Kelurahan Hutabarangan, Kecamatan Sibolga Utara, Sibolga, Sumatera Utara, Senin (15/8/2022).

BACA JUGA: Ketua DPRD Tapteng: Motif Pembunuhan yang Terjadi di Pinangsori Harus Diusut Tuntas

“Dari hasil Pengawasan dan Evaluasi (Was Ev) yang kita lakukan bersama Tim, hasilnya sangat positif dan manfaatnya langsung dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan Donni, pelaksanaan TMMD merupakan suatu jabaran tugas pokok TNI AD, yaitu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan sebagai wujudnya adalah, terealisasinya  pembangunan jalan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut seperti saat ini.

“Kita harus memahami kondisi keuangan negara saat ini yang banyak dikurangi. Dan keinginan di daerah maunya jalan ini langsung dihotmix, tapi kan tidak bisa demikian,” ujarnya menjelaskan.

Baca Juga:  Wujudkan Komunikasi Sosial Yang Sehat Melalui Lombaan Melukis dan Karikatur

Menurut Jenderal Bintang Satu ini, dia sudah berbicara dengan Wali Kota Sibolga terkait tindak lanjut hasil TMMD tersebut. Direncanakan ada perpanjangan dulu, lalu pengerasan dan pengaspalan jalan.

BACA JUGA: Danrem 023/KS Sibolga Ingatkan Anggotanya Agar Tetap Disiplin Selama Cuti Lebaran

“Jadi, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kita dari TNI dan Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Mantan Danrem 023/KS ini pun mengimbau masyarakat agar menjaga dan merawat jalan yang sudah dibuka oleh TNI melalui kegiatan TMMD.

Sementara itu Wali Kota Sibolga, H Jamaluddin Pohan yang turut mendampingi Brigjen TNI Donni Hutabarat mengatakan, setelah hasil TMMD diserahterimakan kepada Pemerintah Kota Sibolga, akan langsung dianggarkan secara bertahap anggaran pengerasan jalan sampai dengan hotmix.

“Pinggir jalan yang sudah dibuka ini harus kita bendung dulu kiri kanan, baru kita lakukan pengerasan. Sesudah itu baru lah kita aspal. Dan jalan ini sangat membantu masyarakat karena akses dari Sibolga Utara ke Parombunan Sibolga Selatan tidak terisolir lagi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dividen 2017, Tambang Martabe Bagikan US$6,7 Juta kepada PT ANA

Wali Kota juga meminta kepada para Camat dan Lurah, agar jangan mengeluarkan surat tanah di kawasan jalan TMMD yang sudah dibuka. Hal itu guna menjaga kondisi jalan atau manfaat jalan jangan sampai disalahgunakan masyarakat atau mengalami kerusakan.

BACA JUGA: Danrem Bantu Pengadaan Alat PAUD dan Modal Usaha Warga Hutabarangan

“Kawasan ini akan kita buat menjadi objek wisata, jadi jangan sampai ada masyarakat yang merusak atau membuka lahan dengan alasan mereka memiliki surat Lurah mau pun surat Camat,” tegas Wali Kota kepada para Lurah dan Camat yang hadir dalam kegiatan itu.

Sementara itu Dansatgas TMMD ke-114 yang juga Dandim 0211/TT, Letkol Czi Mangatas P Sibuea, M.Han menambahkan, bahwa target pelaksanaan TMMD rampung pada tanggal 24 Agustus 2022 mendatang. Untuk kondisi pembukaan jalan saat ini sudah 93,5 persen, dan untuk pembuatan jembatan 35 persen. Sedangkan untuk kegiatan nonfisik sudah 80 persen tinggal dua kegiatan penyuluhan lagi dari 8 kegiatan.

Baca Juga:  Peringati Hari Bhakti ke 69, Imigrasi Sibolga Lakukan Ini

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas pelaksanaan TMMD ke-114 Kodim 0211/TT tahun 2022 ini,” tandasnya.

BACA JUGA: Bupati Nikson Merdekakan Desa Hutatua dari Kegelapan

Di kesempatan itu Brigjen TNI Donni Hutabarat bersama Wali Kota Sibolga, Dandim 0211/TT, Danlanal Sibolga, Dansatradar 234 Sibolga, Kapolres Sibolga dan yang mewakili Kajari Sibolga memberikan bantuan Bahan Kontak dalam rangka TMMD Kodim 0211/TT tahun 2022 kepada masyarakat Hutabarangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasrem 023/KS Letkol Arh Utama Rusdiyaman, Waaster Kasdam I/BB Letkol Arm Azhari, Pabandya Bakti TNI Mayor Inf Eko Nurcahyo Prayetno, Kasdim 0211/TT Mayor Inf Tengku M. Khair, S.E, Pasi Bakti Rem 023/KS Kapt Inf Darwin Gultom, Kepala Bappeda Sibolga Drs Junaidi Tanjung M.Pd, Kadis PU Sibolga Arif Rahman.  (Jas)