UMK “Gopek Gadapang” Dilaunching  

Tapteng, 17/6 (Batakpost.com)- Pangkalan TNI AL Sibolga sebagai salah Pembina Ketahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar) Satkowil Lanal Sibolga berhasil melakukan pembinaan kepada kelompok UMKM yang ada di Desa Pasar Sorkam, Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Keberhasilan Lanal Sibolga ini ditandai dengan Launching Produk Ikan Kelompak UMK yang diberi nama “Kopek Gadapang”. Kegiatan ini juga dirangkai dengan Expo hasil produk ekonomi kreatif khas masyarakat Desa Pasar Sorkam.

Kegiatan yang digelar di Pos Binpotmar Sorkam, tepatnya di Jalan TPI, Desa Pasar Sorkam, Tapteng itu berlangsung sukses, apalagi kegiatan Bintahwilmar itu baru pertama kali digelar oleh Lanal Sibolga.

Kegiatan ini pun dihadiri Paban III Tahwilmar Spotmar, Kolonel Marinir Rommy Hutagaol bersama Pabandya Potwilmar Ban Ill Tahwilmar Spotmar, Letkol Mar Augustinus Purba, S.E, CRMP, dan Pabandya Evadalgar Ban I Ren Spotmar. Letkol Laut (SW) Sri Sukesi, S.AP., M.Ak., CRMP, dengan didampingi oleh Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas SE, MM, M.Tr. Opsla yang diwakili oleh Palaksa Lanal Sibolga Mayor Laut (T) Mukmin Alamsyah Putra, Rabu (15/6), kemarin.

BACA JUGA: Letkol Cahyo Pamungkas Resmi Jabat Komandan Lanal Sibolga

Paban III Tahwilmar Spotmar Kolonel Marinir Rommy Hutagaol dalam sambutannya menyampaikan, bahwa komponen-komponen yang terlibat dalam Pertahanan Negara, di antaranya adalah masyarakat, yang termasuk dalam Komponen Pertahanan Negara Matra Laut tersebut. Dengan adanya kerajinan hasil masyarakat yang tergabung dalam UKM “Kopek Gadapang” akan dapat membantu mensejahterakan masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari Pertahanan Negara Selain Perang (PNSP), dan peran masyarakat pesisir dalam mendukung pertahanan negara dalam memberi laporan  informasi yang tidak terjangkau oleh TNI AL sangat penting. Untuk itu, kami mohon kepada Pemerintah Daerah agar mendukung kegiatan masyarakat tersebut,” kata Paban III Tahwilmar Spotmar .

Sementara itu Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas SE, MM, M.Tr. Opsla, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Palaksa Lanal Sibolga, menyampaikan, bahwa Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim yang selanjutnya disebut Bintahwilmar adalah merupakan salah satu kegiatan Pembinaan Potensi Maritim yang pada hakikatnya dilaksanakan dalam  rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut yang Meliputi Potensi Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial untuk ditingkatkan menjadi kekuatan pertahanan nasional.

Ada pun kegiatan Bintahwilmar Satkowil Lanal Sibolga yang telah dilaksanakan menurut Danlanal, yakni; meliputi pembentukan, pelatihan, pendampingan, serta pembukaan akses pasar bagi kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM).

BACA JUGA: Daftar Menteri Baru Hasil Reshuffle Jokowi 2022, Cek Selengkapnya

Danlanal juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang berada di sekitar Desa Pasar Sorkam yang telah mendukung salah satu tugas dari Lanal Sibolga, yakni menyelenggarakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut Sesuai UU NO. 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia, Pada Pasal 9 yang diimplementasikan melalui kegiataan pembinaan potensi maritim (Binpotmar) Lanal Sibolga.

“Kami berharap, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Khususnya Dinas Terkait, turut membina, mendukung serta mendampingi eksistensi produk ekonomi kreatif didaerah kita ini. Semoga kegiatan Bintahwilmar Satkowil Lanal Sibolga ini dapat terus berkelanjutan menjadi skala wadah kegiatan masyarakat dalam membangun ekonomi kreatif lainnya,” harapnya.

Launching produk UMKM ini mengusung tema “Lanal Sibolga Mendukung Pemulihan Ekonomi di Wilayah Kerja di Masa Pandemi COVID-19 dengan Mendorong Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa Pasar Sorkam.

Pj Bupati Tapanuli Tengah, Yetti Sembiring, S.STP, MM, yang diwakili oleh Plt Sekretaris Daerah, Drs. Herman Suwito, MM, menyampaikan terima kasih kepada Lanal Sibolga atas terlaksananya kegiatan Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar) Satkowil Lanal Sibolga yang dirangkai dengan kegiatan Launching Kelompok UKM “Kopek Gadapang” serta Expo hasil produk ekonomi kreatif khas Desa Pasar Sorkam, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Mewakili masyarakat Tapteng khususnya masyarakat Sorkam, dia mengucapkan terima kasih atas pembinaannya kepada masyarakat di Kecamatan Sorkam.

BACA JUGA: Danlanal Sibolga Bersama Korem 023/KS Wujudkan 3 K

“Kami berharap sinergitas dan kemitraan serta kerja sama yang telah terjalin dengan baik antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Lanal Sibolga, dapat terus berlanjut dan ditingkatkan,” ucapnya.

Dalam kegiatan Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim ini juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis Stand Booth, Roller Banner dan kemasan kreatif dan pemberian bahan kontak oleh Paban III Tahwilmar Spotmaral, Danlanal Sibolga, Pj Bupati Tapteng kepada Kelompok UKM “Kopek Gadapang”

Turut hadir dalam kegiatan Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar) Satkowil Lanal Sibolga, yakni Dandim 0211/TT yang diwakili oleh Danramil 02/Sorkam, Kapolres Tapteng yang diwakili oleh Kapolsek Sorkam, Kadis Perizinan Tapteng, Jonnedi Marbun, S.Pd, Kadis Perindag Tapteng, Zafril Abdi Nasution, SE, M.Si, Kadis koperasi dan UKM Tapteng, Samrul Hutabarat S.Ag, Kadis kesehatan Tapteng, Kadis Kelautan dan Perikanan Tapteng, dan juga Camat Sorkam Barat, Agus Haryanto S,STP beserta Tokoh masyarakat, dan Tokoh Agama Sorkam. (ril)