STM Sepakat Aek Tolang Pandan Bangkitkan Kembali Budaya Gotong Royong

Tapanuli Tengah215 Dilihat

Pandan, 15/10 (Batakpost.com)- Gotong royong adalah nilai-nilai budaya luhur dari Bangsa Indonesia yang sudah mulai luntur saat ini.  Padahal budaya itu dulunya sangat kental dilakoni dalam berbagai bentuk, seperti kerja bakti untuk membersihkan lingkungan masing-masing dan juga kegiatan sosial.

Untuk membangkitkan kembali budaya mulia itu, Serikat Tolong Menolong (STM) Sepakat Aek Tolang Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, membuat terobosan. Di mana dalam menyambut perayaan Natal STM Sepakat, digelar bakti sosial berupa gotong royong bersama yang akan membersihkan semua lingkungan tempat tinggal anggota STM Sepakat.

Aksi Gotong royong yang dibangkitkan kembali oleh STM Sepakat Aek Tolang Pandan. (Batakpost.com/red)
Aksi Gotong royong yang dibangkitkan kembali oleh STM Sepakat Aek Tolang Pandan. (Batakpost.com/red)

Kegiatan perdana gotong royong ini sukses dilaksanakan hari ini, Sabtu (15/12/2022), yang membersihkan ruas jalan Kutilang di Kelurahan Aek Tolang Pandan.

Baca Juga:  Oktober 2018 Pembangunan Pelabuhan Sibolga Rampung

Lebih kurang 700 meter ruas Jalan Kutilang dibersihkan mulai dari memotong rumput, menyapu, hingga membersihkan saluran parit yang sudah lama tersumbat.

Menurut Ketua STM Sepakat Bapak Berta Marbun, didampingi Sekretaris Bapak Ingot Gultom, munculnya ide menggalakkan kembali budaya gotong royong sekaitan dengan perayaan Natal yang akan digelar STM Sepakat pada tanggal 11 Desember 2022 mendatang.

BACA JUGA: Baru 3 Bulan Jadi Peserta, Jaminan Kematian Jamsostek Langsung Cair Rp 42 Juta

“Kami dari STM Sepakat ingin memaknai Natal yang aka kami gelar nanti dengan menggalakkan budaya gotong royong dengan membersikan lingkungan masing-masing. Dan respon dari anggota STM sangat positif yang dibuktikan dengan kehadiran mereka pagi ini meskipun sebahagian ada yang berhalangan hadir karena kegiatan dan pekerjaan,” katanya.

Baca Juga:  Sinerginitas TNI dan Polri Dalam Mewujudkan Pembangunan di Kawasan Terisolir

Kegiatan gotong royong ini akan digelar setiap hari Sabtu dengan lokasi yang berbeda.

“Kami berharap dengan adanya gotong royong setiap hari Sabtu ini, maka itu nantinya menjadi budaya STM Sepakat Aek Tolang Pandan. Karena memang selama ini kebersamaan dan kekompakan kami cukup baik. Untuk itu kepada anggota yang sudah ikut berpartisipasi hari ini, kami dari pengurus mengucapkan terima kasih,” kata Bapak Berta.

Aksi Gotong royong dari STM Sepakat yang membersikan lingkungan anggota STM Sepakat. Aksi Gotong royong ini akan dilaksanakan setiap hari Sabtu. (Batakpost.com/red)
Aksi Gotong royong dari STM Sepakat yang membersikan lingkungan anggota STM Sepakat. Aksi Gotong royong ini akan dilaksanakan setiap hari Sabtu. (Batakpost.com/red)

Amatan di lokasi, dengan adanya gotong royong yang diprakarsai STM Sepakat, warga yang tinggal di sepanjang Jalan Kutilang yang bukan anggota STM Sepakat jadi turut ikut bergotong royong. Mereka mengapresiasi terobosan yang dilakukan STM Sepakat.

Baca Juga:  2 Nelayan Sibolga diamankan Sat Narkoba Polres Tapteng

“Agak kaget juga tadi ada yang membersihkan pekarangan rumah kami. Setelah kami lihat, ternyata ada gotong royong bersama. Jadi saya langsung ikut bergabung, karena gak enak juga, masak orang lain yang membersihkan pekarangan kita. Terima kasihlah untuk STM Sepakat yang sudah memprakarsai kegiatan ini, semoga budaya ini dapat digalakkan kembali,” kata Ibu Yanti.

Dalam gotong royong bersama ini, para anggota STM Sepakat juga menyediakan minuman dan makan ringan untuk dinikmati bersama saat istirahat. Dalam kegiatan ini sangat terlihat jelas kekompakan dan kebersamaan STM Sepakat. (red)