SMK Negeri 3 Sibolga Salah Satu SMK Pusat Keunggulan di Sumut

Sibolga5 Dilihat

Sibolga, 28/9 (Batakpost.com)- Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Sibolga menjadi salah satu dari 9 Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di Sumatera Utara.

Dijadwalkan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi akan meresmikan 9 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan se-Provinsi Sumatera Utara hari ini, Rabu (28/9/2022) di SMK Negeri 3 Sibolga yang berada di Jalan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Menurut Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Sibolga Syafaruddin Siregar, bahwa keunggulan dari sekolah yang dipimpinnya adalah Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

Direncakan juga Gubsu Edy Rahmayadi akan meresmikan Gedung Pusat Keunggulan SMK Negeri dan Swasta di Provinsi Sumut.

Program SMK Pusat Keunggulan sebelumnya dilaunching oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Anwar Makarim pada Maret 2021 lalu.

BACA JUGA: Kapolres Tapteng: Penyalahgunaan Narkoba Tertinggi di Indonesia Ada di Sumut

Program SMK Pusat Keunggulan merupakan perwujudan visi Presiden Joko Widodo terkait pembenahan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

“SMK Pusat Keunggulan merupakan terobosan komprehensif yang ditujukan untuk menjawab tantangan dalam rangka pembenahan kondisi SMK saat ini, agar semakin sejalan dengan kebutuhan dunia kerja,” terang Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.

Program SMK Pusat Keunggulan kata Makarim, bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja.

“Sekolah yang terpilih dalam program SMK Pusat Keunggulan diharapkan menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya,” ujarnya. (red)