Samosir

Pompa Solar Panel di Desa Sigaol Simbolon Diresmikan Wakil Bupati Samosir

173
×

Pompa Solar Panel di Desa Sigaol Simbolon Diresmikan Wakil Bupati Samosir

Sebarkan artikel ini
Pompa Solar Panel Resmi Diresmikan di Desa Sigaol Simbolon oleh Wakil Bupati Samosir dan Lions Club Medan Seruni
Example 300x600

Samosir, 29/11 (Batakpost.com) – Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, dan Presiden Lions Club Medan Seruni District 307 A2, Angelina A. Hutagaol, melakukan penandatanganan prasasti peresmian pompa solar panel di Desa Sigaol Simbolon pada hari Selasa, 28 November.

Bantuan berupa pompa solar panel dari Lions Club Medan Seruni District 307 A2 untuk masyarakat Desa Sigaol Simbolon disertai dengan serah terima kepada pemerintah desa sebagai pengelola. Selain pompa, pembangunan dua unit reservoir penampungan air juga menjadi bagian dari proyek bantuan tersebut.

Acara peresmian dihadiri oleh beberapa pejabat daerah, termasuk Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Sosial dan PMD Agus F. Karo Karo, Kadis P3AP2KB Friska Situmorang, Kadis Kesehatan Dina Hutapea, Kadis PUTR Rudimantho Limbong, dan Camat Palipi Ronal Sinaga.

Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, menyampaikan rasa terima kasih kepada Lions Club Medan Seruni atas bantuan yang sangat berguna bagi masyarakat. Beliau berharap bahwa bantuan pompa solar panel ini dapat membantu mengurangi angka stunting di Kabupaten Samosir, yang disebabkan oleh kekurangan air bersih.

“Awalnya hanya pompa saja, kami minta bantuan Gubernur Lion Club District 307 A2, dan akhirnya pipa akan disambungkan untuk tahap ke-2,” kata Martua.

Wabup menekankan pentingnya kesepakatan antara masyarakat dan Pemerintah Desa Sigaol Simbolon untuk memelihara dan menjaga pompa dengan baik. Ia mendorong agar pompa ini dijadikan sebagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sehingga dapat dijaga melalui iuran untuk pemeliharaan.

“Terima kasih kepada Lions Club yang rela membantu masyarakat, mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat mengatasi stunting, semoga segala usaha dan rejeki bapak/ibu bertambah,” tutup Martua dengan harapan Lions Club dapat terus memberikan bantuan bagi masyarakat Kabupaten Samosir di desa-desa lainnya.

Presiden Lions Club Medan Seruni, Angelina A. Hutagaol, menjelaskan bahwa dana untuk pembangunan berasal dari donatur yang bermurah hati. Lions Club, sebagai organisasi sosial, berkomitmen mengembalikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga pompa air dapat dipelihara penduduk setempat sehingga kebutuhan air bersih terpenuhi untuk menurunkan stunting, demi melahirkan generasi yang sehat dan kuat,” kata Angelina.

Gubernur Lions Club District 307 A2, Dharma Sakti, menekankan pentingnya air sebagai sumber kehidupan. Dengan adanya air bersih, akan membawa berkah dan manfaat kepada warga Sigaol Simbolon.

“Sebagai Gubernur Lions Club District 307 A2, saya mengucapkan ribuan terima kasih atas kesempatan pengabdian ini, semuanya murni untuk pelayanan kepada masyarakat, mohon dijaga dengan baik,” ujar Dharma.

Tahap pertama pembangunan pompa solar panel telah selesai, dan tahap kedua akan melibatkan pemasangan pipa hingga ke rumah penduduk, demikian disampaikan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Steven Orlando Sinaga, sebagai pelaksana lapangan pembangunan. Jumlah pengguna pompa mencapai 41 rumah.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS