Medan

Pj Gubernur Sumatera Utara Buka Seminar dan Pameran Nasional Industri Konstruksi

149
×

Pj Gubernur Sumatera Utara Buka Seminar dan Pameran Nasional Industri Konstruksi

Sebarkan artikel ini
Pj Gubernur Sumatera Utara Buka Seminar dan Pameran Nasional Industri Konstruksi
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 16/5 (Batakpost.com) – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, membuka Seminar, Short Course, dan Pameran Nasional yang diselenggarakan oleh Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Komisariat Daerah (Komda) Sumut. Acara tersebut berlangsung di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Hassanudin menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur sebagai motor penggerak pembangunan nasional. Menurutnya, infrastruktur yang memadai akan memberikan kontribusi signifikan terhadap distribusi barang dan jasa serta pertumbuhan ekonomi negara.

Hassanudin juga menyoroti peran sektor konstruksi dalam penyerapan tenaga kerja, penanaman modal, dan hubungannya dengan sektor lainnya. Dia menyebut beberapa pembangunan strategis di Sumut seperti jalan, tol, pelabuhan, kawasan ekonomi, kereta api, bendungan, dan irigasi.

Dalam konteks ini, Pj Gubernur berharap pembangunan infrastruktur lainnya dapat merangsang pertumbuhan ekonomi baru dan meningkatkan pelayanan infrastruktur yang berkelanjutan. Dia menekankan perlunya kesiapan komponen industri konstruksi seperti sumber pendanaan, sumber daya manusia, alat material, dan teknologi dengan melakukan pembenahan manajemen.

Hassanudin juga menyoroti pentingnya sertifikasi untuk tenaga ahli konstruksi sesuai standar, guna mendorong sumber daya manusia yang kompeten dan menguasai pengetahuan serta teknologi terkini. Dia berharap kerja sama antara dunia pendidikan dan industri konstruksi dapat terus ditingkatkan.

Selain itu, Hassanudin menyambut baik kegiatan ini yang diyakini dapat meningkatkan kelas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan memberikan ruang bazar. Dia berharap para praktisi dan mahasiswa dapat memperoleh informasi teknologi konstruksi yang dapat menjadi wadah untuk bekerja dan berinovasi ke depan.

Ketua Panitia Acara, Partogi B, menyampaikan terima kasih kepada semua peserta dari berbagai kabupaten/kota di Sumut yang telah hadir dalam acara seminar ini. Acara ini dilengkapi dengan pameran dari berbagai pelaku jasa konstruksi, baik skala lokal maupun nasional, serta bazar kuliner yang menampilkan makanan dan minuman hasil industri rumahan.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300