Pj Bupati Tapteng Serahkan Bantuan Awal Untuk Korban Kebakaran di Tapian Nauli

Tapanuli Tengah297 Dilihat

Tapteng, 1/1 (Batakpost.com)- Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Sosial Kabupaten Tapteng, memberikan bantuan awal kepada korban kebakaran yang terjadi di Dusun I Simpang Tiga, Desa Mela I, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapteng, Sabtu (31/12/2022).

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Pj Bupati Tapteng, Dr. Elfin Elyas, M.Si, CRGP, CGCAE, CFrA di lokasi terjadinya musibah kebakaran.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Tapteng menyampaikan semoga keluarga yang terkena musibah diberikan ketabahan dan kesabaran atas musibah kebakaran tersebut.

Sedangkan kepada petugas Pemadam Kebakaran (Damkar), Camat Tapian Nauli, Koramil Kolang, dan Polsek  Kolang, bersama masyarakat, Pj mengucapkan terima kasih atas respon cepat membantu di lokasi kebakaran.

Baca Juga:  KPAID: Tapteng Darurat Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Adapun bantuan awal yang diberikan Pemkab, berupa kasur lipat, velbet atau tikar gulung, peralatan dapur keluarga, selimut, beras, mie instan, makanan siap saji, family kids, kids ware, dan makanan anak-anak, serta bantuan uang kepada para korban.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi keluarga yang terkena musibah,” ujar Pj Bupati Tapteng menyemangati.

Pj Bupati juga sudah meminta Dinas Perumahan dan Permukiman untuk segera turun merencanakan pemberian bantuan perbaikan rumah korban kebakaran.

Sebelumnya, Camat Tapian Nauli, Rinaldy Siregar, S.Sos mengatakan, sebanyak dua unit rumah ludes terbakar dan dua unit rumah lainnya terkena imbas kebakaran tersebut.

Baca Juga:  Marak Balap Liar dan Knalpot Blong, Bakhtiar Ahmad Sibarani Minta Segera Dilakukan Razia Gabungan

Rumah yang terbakar ludes itu atas nama Manganjur Lumbantoruan (68) dan Nur Aini Pasaribu (67). Rumah Nur Aini Pasaribu terdiri dari 3 KK, bersama keluarga Parsaulian Sihite dan keluarga Robet Sihite.

Sedangkan rumah yang terkena imbas kebakaran tersebut atas nama Nasip Parmonangan Manalu (45) dan Tiemsi Simanjuntak (88).

Untuk diketahui, pada hari Sabtu, (31/12/2022) sekira pukul 11.30 WIB terjadi kebakaran di Tapian Nauli yang menghanguskan dua unit rumah dan dua rumah lagi ikut terimbas.

Api dapat dipadamkan setelah adanya bantuan dari masyarakat dan petugas pemadam kebakaran pada pukul 12.45 WIB. Damkar yang turut memadamkan api tersebut dari Pemkab Tapteng, Pemkot Sibolga dan PT Mujur Timber.

Baca Juga:  Para Anak ABK Ini Memohon Bantuan Presiden Jokowi

Sementara sumber api masih dalam tahap penyelidikan pihak kepolisian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sedangkan jumlah kerugian belum dapat diperkirakan.

Turut hadir dalam acara penyerahan bantuan itu, Kadis Sosial Kabupaten Tapteng, Robby Edata Manik, SAP, MAP yang diwakili Kabid Linjamsos, Dedek Saputra, AMF, Personiel dari TNI-Polri, Pekerja Sosial Pahala, ST, Relawan Sosial atau Petugas Tagana, dan Pendamping PKH Kecamatan Tapian Nauli. (red)