Pj Bupati Apresiasi Sosialisasi P4GN yang Digelar Kesbangpol Tapteng

Tapanuli Tengah225 Dilihat

Tapteng, 25/11 (Batakpost.com)- Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Elfin Elyas Nainggolan membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), yang digelar di Aula SMK Swasta Yapim Taruna Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tapanuli Tengah ini, diapresiasi oleh Pj Bupati.

Menurut Pj Bupati, peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh Pemerintah karena dapat menyebabkan rusaknya moral Bangsa.

BACA JUGA:Kesbangpol Gelar Kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kerukunan Umat Beragama di Tapteng

Pemerintah juga sangat memberikan perhatian serius terhadap penanganan atas penyalahgunaan narkoba.

“Pemakai adalah orang yang menggunakan narkotika tanpa hak atau melawan hukum, ketika seseorang melakukan penyalahgunaan narkotika secara terus-menerus maka orang tersebut akan berada pada keadaan ketergantungan akan narkotika, baik secara fisik maupun psikis,” katanya.

Oleh sebab itu dia berharap kepada seluruh peserta sosialisasi agar mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, sehingga dapat menjadi insiator sekaligus garda terdepan dalam penyampaian informasi dalam upaya pencegahan peredaran narkoba di lingkungannya masing-masing.

Baca Juga:  Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani Ajak Masyarakat Segera Lapor SPT 2021 dan Manfaatkan PPS

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, saya mengucapkan selamat datang kepada Peserta Sosialisasi P4GN di Kabupaten Tapanuli Tengah. Semoga kegiatan tersebut
dapat menambah wawasan dan pengalaman bagi Pelajar, Mahasiswa, Pemuda, Organisasi Kepemudaan, Tokoh Masyarakat dan mantan pemakai narkoba yang turut jadi peserta,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tapanuli Selatan, yang diwakili oleh Syarifah Lubis, SKM dalam sambutannya menyampaikan, dalam rangka fasilitasi kegiatan sosialisasi ini, Badan Kesbangpol Kabupaten Tapanuli Tengah bersinergi dan berkolaborasi dengan instansi terkait termasuk BNNK Tapanuli Selatan sebagai narasumber.

BACA JUGA:Jadi Irup di Hari Guru, Danrem Ingatkan Siswa Untuk Selalu Menghormati Guru Layaknya Menghormati Orang Tua

Dijelaskannya, P4GN adalah Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika. Pencegahan ini terus menerus dilakukan oleh berbagai komponen masyarakat dan Pemerintah serta dunia untuk mengindahkan masyarakat dari risiko penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya diperlukan upaya yang terpadu dan komprenhensif bagi individu yang menyalahgunakannya.

Baca Juga:  Dites Urin Mendadak ASN Pemko Sibolga Ketar-ketir

“Untuk itu metode pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba yang paling efektif dan mendasar adalah metode promotif dan preventif,” katanya.

Syarifah Lubis juga menambahkan, bahwa Pemerintah telah menerbitkan berbagai Peraturan dalam rangka penegakan hukum atas tindakan penyalahgunaan narkotika, antara lain Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Diharapkan melalui sosialisasi yang dilakukan Kesbangpol Tapteng dapat melakukan identifikasi masalah yang ada dalam masyarakat, sebagai bahan masukan bagi BNNK untuk bahan perbaikan pada masa mendatang.

Sebelumnya, Kaban Kesbangpol Kabupaten Tapteng, Budi Joniar Siahaan, SE, MM, menyampaikan, tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menjalin dan memperkuat komunikasi dan Informasi dengan pemangku kepentingan terkait P4GN.

BACA JUGA:13 Wartawan Mitra BI Sibolga Ikuti Capacity Building di Jakarta

Baca Juga:  Bocah Perempuan 1,4 tahun Tewas Terseret Banjir di Muara Pinang

“Diharapkan kepada para peserta, kegiatan ini dapat menjadi inisiator garda terdepan P4GN di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Selanjutnya para pemateri terdiri dari Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Christian Samma, S.I.K, Kepala BNK Tapanuli Selatan Kompol Hendro Wibowo, S.IP yang diwakili oleh Syarifah Lubis, SKM, Dandim 0211/Tapanuli Tengah yang diwakili oleh Kasdim, Mayor Inf Tengku M.Khair, SE, Kajari Sibolga yang diwakili oleh Kasi Pidum Donny M. Doloksaribu, SH, MH, dan Kaban Kesbangpol Tapteng Budi Joniar H. Siahaan, SE, MM menyampaikan paparannya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kasat Narkopa Polres Tapteng AKP Juli Purwono, SH, MH, Kasat Intelkam, Kasi Propam Polres Tapteng, Sekretaris Badan Kesbangpol Tapteng, Kambaudin Siregar, Kabid Pengawasan Badan Kesbangpol Tapteng Jones Sunaryo Sibuarian, SE, Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Paida Sitompul, Kabid Poldagri dan Ormas, Afdolita Sitopu, S.IP, Camat, Lurah, Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Mahasiswa, Pelajar.

Adapun jumlah peserta kegiatan sebanyak 200 orang. (red)