Kesbangpol Gelar Kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kerukunan Umat Beragama di Tapteng

Tapanuli Tengah60 Dilihat

Pandan, 25/3 (Batakpost.com)- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara menggelar kegiatan pembinaan dan peningkatan kerukunan umat beragama di Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis (24/3), tepatnya di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tapanuli Tengah di Pandan.

Pembinaan dan peningkatan kerukunan umat beragama ini merupakan program dari Pemkab Tapanuli Tengah di bawah pimpinan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul untuk semakin meningkatkan keharmonisan dan sikap toleransi dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat yang berakhlak dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Mapolres Tapteng Disemprot dan Juga Rumah Ibadah

Budi Joniar Siahaan, SE, MM, selaku Kaban Kesbangpol Tapanuli Tengah dalam sambutannya mengatakan, peningkatan kerukunan umat beragama sangat sejalan dengan ideologi Pancasila melalui pemberdayaan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

BACA JUGA: Taput Terima Hibah Tanah dan Bangunan Rp6,6 Miliar dari KPK RI

Untuk itulah dia berharap, kerukunan yang sudah terjalin selama ini di Tapanuli Tengah harus dipertahankan dan ditingkatkan. Dan melalui kegiatan tersebut, Budi berharap ada angin baru dalam pengelolaan hubungan antar umat beragama di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Baca Juga:  Bupati Tapteng Buka Lomba Vocal Solo Lagu Batak 2020

“Kerukunan merupakan pilar pembangunan. Jika tidak rukun, maka keamanan tidak akan tercapai. Jika tidak aman, maka pembangunan tidak jalan, dan jika pembangunan tidak jalan, maka kesejahteraan tidak akan tercapai,” ungkapnya.

Budi pun berharap, melalui peningkatan kerukunan umat beragama sesuai dengan ideologi Pancasila menjadi sarana berkumpul dan berinteraksinya berbagai kelompok yang sama-sama menyadari bahwa keragaman agama bukan alasan untuk terjadinya konflik dan perpecahan. Bahkan dengan terbentuknya FKUB, menjadi medium yang efektif dalam menumbuhkan semangat persatuan bangsa dengan berlandaskan asas Ketuhanan Yang Maha Esa, kata Budi mengakhiri.

Baca Juga:  Wabah Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Dibahas

Ada pun yang menjadi peserta dalam kegiatan ini, Badan Kemakmuran Masjid (BKM), Pengurus Gereja, Pengurus Kegiatan Ibadah dan masyarakat sosial. Sedangkan tema kegiatan “Melalui Pembinaan Peningkatan Kerukunan Umat Bergama Mari Kita Tingkatkan Keharmonisan dan Toleransi Antar Umat Beragama Sesuai Ideologi Pancasila di Kabupaten Tapanuli Tengah”

Ada pun pembicara dalam kegiatan ini, Ketua MUI Tapanuli Tengah, H Ngadiman KS, Ketua BKAG Tapanuli Tengah, Pastor Posma Manalu dan dari Kementerian Agama Tapanuli Tengah, Ismail. (ril)