Lintas Sumut

Peringatan HUT Pramuka ke-62: Mewujudkan SDM Profesional dan Berjiwa Kewirausahaan dengan Semangat Nasionalisme

109
×

Peringatan HUT Pramuka ke-62: Mewujudkan SDM Profesional dan Berjiwa Kewirausahaan dengan Semangat Nasionalisme

Sebarkan artikel ini
Peringatan HUT Pramuka ke-62: Mewujudkan SDM Profesional dan Berjiwa Kewirausahaan dengan Semangat Nasionalisme
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Dairi, 16/9 (Batakpost.com) – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-62 tahun 2023 menjadi momentum penting untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional, berjiwa kewirausahaan, dan berwawasan kebangsaan guna menguatkan semangat nasionalisme. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (Mabicab) Pramuka Kwartir Dairi, yang juga menjabat sebagai Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, dalam acara peringatan HUT Pramuka yang diadakan pada Jumat malam (15/9/2023) di Lapangan Merdeka, Bunturaja, Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi.

Dalam sambutannya, Bupati Eddy Berutu mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah tersebut. Salah satu program unggulan dalam bidang pendidikan adalah Program Gampang Asik dan Menyenangkan (Gasing).

Eddy Berutu menegaskan pentingnya bahwa anggota Gerakan Pramuka dituntut untuk meningkatkan kualitas SDM mereka, menjadi lebih profesional, berjiwa wirausaha, dan memiliki wawasan kebangsaan. Hal ini dianggap krusial untuk mencapai semangat nasionalisme yang tinggi.

“Peningkatan SDM dan wawasan kebangsaan harus dilakukan secara mendalam. Kondisi SDM saat ini masih jauh dari yang diharapkan, dan Program Gasing menjadi andalan kami dengan target 30 ribu peserta. Menciptakan SDM yang cerdas, berwawasan kebangsaan, dan berintegritas adalah tanggung jawab bersama kita,” tegasnya.

Selain itu, wawasan kebangsaan juga dianggap sangat penting untuk memastikan bahwa nilai-nilai kebangsaan, cinta tanah air, dan semangat bela negara tetap terjaga, terutama di tengah tahun politik. Oleh karena itu, persatuan dan kesatuan dalam Gerakan Pramuka diharapkan dapat tetap kuat dan menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan dan kesatuan bangsa.

“Era bonus demografi yang akan datang pada tahun 2045 merupakan potensi besar bagi negara kita untuk menjadi negara yang kuat. Namun, tidak hanya jumlah SDM yang penting, tetapi juga kualitasnya. Ini adalah tugas kita bersama,” tambahnya.

Dalam rangkaian peringatan HUT Pramuka ke-62, juga diadakan kegiatan berkemah bersama untuk seluruh anggota Pramuka tingkat penggalang dan penegak. Acara ini dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, dari 15 hingga 17 September mendatang.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kadis Pendidikan JW. Purba, Camat Siempat Nempu Marhaban Kudadiri, Ketua Kwarcab Dairi Binuar Malau, Ketua TP PKK Romy Mariani Simarmata, Ketua Pramuka Peduli Dinitria Tabitha, dan para pengurus Pramuka Kwarcab Dairi.

banner 325x300