Pekerja Tambang Emas Martabe Disuntik Vaksin Booster Tahap Pertama

Tapsel, 12/2 (Batakpost.com)- PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan dan Polres Tapsel melaksanakan vaksinasi lanjutan atau booster untuk pekerja tambang yang terdiri dari karyawan PTAR dan mitra kerja (kontraktor).

Program vaksinasi Booster tahap pertama dengan jenis vaksin Pfizer ini dilaksanakan selama lima kali pada pekan terakhir Januari 2022 dan pekan pertama Februari 2022 di Tambang Emas Martabe, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.

Dari program vaksinasi booster ini tercatat berhasil menyuntikkan vaksin kepada 704 karyawan terdiri dari 400 karyawan PTAR dan 304 karyawan kontraktor.

General Manager Operations PTAR, Rahmat Lubis menjelaskan penerima vaksin booster di Tambang Emas Martabe adalah karyawan PTAR dan mitra kerja yang sudah mendapatkan vaksin lengkap dosis 1 dan 2, serta jarak antara vaksin kedua dan booster minimal 6 bulan.

BACA JUGA: Tambang Martabe Serahkan Bantuan APD dan Kebutuhan Lainnya untuk wilayah Tapteng

“Target yang mendapatkan vaksin booster ini nantinya adalah total 2.955 orang. Jumlah ini terdiri dari 919 karyawan PTAR yang sudah komplit mendapatkan vaksin primer dan 2.036 karyawan kontraktor,” papar Rahmat, Jumat (12/2).

Sementara itu Senior Manager EHS PTAR, Hari Ananto menjelaskan sejauh ini tercatat 1.417 orang karyawan PTAR dan kontraktor serta 258 orang keluarga karyawan PTAR dan kontraktor menerima vaksin primer jenis Sinovac, Pfizer, Astrazaneca dan Moderna.

Sedangkan penerima Vaksin Gotong Royong Sinopharm sebanyak 1.538 orang karyawan PTAR dan kontraktor, serta 1.147 orang keluarga karyawan PTAR dan kontraktor.

Hari mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi booster tahap kedua menggunakan Vaksin Gotong Royong (VGR) Sinopharm akan digelar pada tanggal 23 & 24 Februari 2022 dengan target 717 orang.  Sedangkan tahap ketiga vaksinasi booster (VGR) direncanakan digelar pada tanggal 13-15 Maret 2022 dengan target 911 orang menggunakan vaksin Sinopharm.

Di tempat terpisah, Senior Manager Corporate Communications PTAR, Katarina Siburian Hardono menyatakan program vaksinasi booster ini dalam rangka mencapai target kekebalan kelompok di Tambang Emas Martabe dan mengurangi penyebaran virus Omicron yang sedang meningkat kasusnya, sehingga memberikan kenyamanan dan ketenangan bekerja bagi seluruh karyawan PTAR dan kontraktor.

BACA JUGA: Wartawan Diajak Cara Memproduksi Emas di Tambang Martabe

Di tengah masa pandemi Covid-19 ini menurut Katarina, Tambang Emas Martabe tetap berkomitmen mengupayakan kesehatan dan keselamatan karyawan sekaligus mempertahankan produksi emas yang aman serta bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan.

Perusahaan secara terus menerus melakukan sosialisasi baik untuk karyawan maupun masyarakat di sekitar lokasi tambang untuk tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga serta mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah setempat dan satuan tugas COVID-19. (red)