Wartawan Diajak Cara Memproduksi Emas di Tambang Martabe

oleh
Wartawan Tapteng dan wartawan Medan saat berkunjung ke Tambang Emas Martabe. (batakpost.com/HAT)

Batangtoru, 14/3 (Batakpost.com)- Sejumlah wartawan dari berbagai media yang bertugas di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah bersama dengan Simpul Society of Indonesian Enviromental Journalists (SIEJ), Sumatera Utara, berkesempatan untuk berkunjung ke Tambang Emas Agincourt Resources atau yang lebih dikenal dengan Tambang Emas Martabe, Rabu, (14/3).

Dalam kunjungan ini para awak media berkesempatan langsung untuk melihat cara produksi emas serta memantau kondisi tambang dan program reklamasi tambang dan Program Pegembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang sudah dilakukan Agincourt kepada masyarakat sekitar.

Menurut Katarina S. Hardono selaku Senior Manager Corporate Communication menjelaskan, berbagai program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang sudah dilakukan Tambang Emas. Diantaranya, relokasi Puskesmas Batangtoru dari tempat yang lama ke tempat yang lebih stragetis yang dilengkapi dengan alat-alat kesehatan dan menjadi Puskesmas Rawat Inap.

Peningkatan perekonomian masyarakat Batangtoru dan sekitarnya pada sektor pertanian padi dengan membangun penggilingan padi di Desa Batuhula. Pembangunan Amfiteater Sopo Daganak yang berawal dari pendirian Taman Baca Anak di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru. Kawasan pertanian terintegrasi Aek Pahu Griya Upa Tondi yang berada di Desa Napa Kecamatan Batangtoru, peningkatan benih padi permata hijau Desa Sipenggeng, serta pengembangan cafe dan pusat oleh-oleh Bagasta.

Ditambahkan Katarina, semua yang dilakukan oleh Tambang Emas Martabe, sebagai wujud rasa peduli perusahaan kepada masyarakat dan peningkatan enokomi, kesehatan dan pendidikan masyarakat.

Sementara itu menurut Rina Simanjuntak selaku Manager Community Development mengatakan, untuk tahun 2017, Tambang Emas Martabe sudah mengeluarkan dana sebesar Rp24 miliar untuk Pegembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Kunjugan Media Tapteng bersama SIEJ Sumut ini disambut oleh Katarina S. Hardono selaku Senior Manager Corporate Communication, Reni Nugrahika Radhan Supertendent Brand Advocacy&strategy, Ratna Novianti Supertendent Sponsorship Event&Management, Cepi Sestiadi Relation Spelialist, Febrianty Putri Media Relation Supervisor, Wiwiek Partyasih Sponsorship Event&Management Supervisor, Dedi Bugis Sponsorship Event&Management Spesialist, Rina Simanjuntak Community Devolopment Manager, Candra Nugraha Enviromental Manager. (HAT)