Ketua PWI Sumut: Sinergi Media dengan Kegiatan Usaha Hulu Migas Harus Terus Dipupuk

Berita Utama, Medan122 Dilihat

Medan, 28/10 (Batakpost.com)- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Farianda Putra Sinik, menilai sinergi media dengan kegiatan usaha hulu Migas harus tetap terjalin dan terus dipupuk dalam bingkai positif untuk kepentingan nasional.

Penilaian itu disampaikan Farianda Putra Sinik, ketika menjadi salah satu narasumber pada 2nd Northern Sumatra Forum bertemakan Sinergi Media dengan Kegiatan Usaha Hulu Migas yang dilaksanakan SKK Migas di Adi Mulia Hotel, Jalan Diponegoro Medan, Sumatera Utara, Jumat (28/10/2022).

Menurut Farianda, sinergi itu sangat perlu, khususnya pada industri hulu Migas sebagai salah satu penggerak ekonomi nasional, sehingga cita-cita target produksi 1 juta barel minyak perhari pada tahun 2030 dapat terwujud.

Baca Juga:  Widya Togatorop Dilantik Menjadi Kepala Urusan Kepegawaian Kantor Imigrasi SIbolga

BACA JUGA: PWI Sumut Teken Kerja Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Henky: Pertama Kali di Indonesia

Efek berganda sinergi SKK Migas dengan media, menurut Farianda akan membangun opini positif industri hulu Migas, menjaga dan meningkatkan keberlangsungan kegiatan industri hulu Migas, wadah diseminasi program SKK Migas, seperti CSR kepada masyarakat serta wadah klarifikasi terhadap informasi yang keliru dan sensasional untuk public trust.

Kemudian kata Farianda, bermitra turut memperbaiki ekosistem bisnis media pada era disrupsi, berdirinya Forum Jurnalis Migas (FJM), kesadaran masyarakat terbentuk dan merasa bertanggung jawab terhadap keberlangsungan operasional K3S serta mendukung profesionalisme wartawan.

Baca Juga:  Ronny Afrizal Nahkodai PWI Labuhan Batu Gantikan Neirul Nizam

Terkait berita-berita negatif tentang Migas, menurut Farianda, dikarenakan wartawan yang meliput Migas tidak punya latar belakang atau pengalaman dan pelatihan spesifik tentang Migas. “Bisa juga, wartawan kurang antisipatif terhadap pemberitaan negatif seputar Migas,” katanya.

Tentang SKK Migas diakui Ketua PWI Sumut merupakan “barang baru” di Sumut. Sebab, tidak di ketemukan keberadaan kantor ataupun perwakilan SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S) di Sumut.

BACA JUGA: PWI Sumut Serahkan Lagi Santunan Asuransi MNC kepada Keluarga Anggota

“Sumut ini lebih banyak soal distribusi perkebunan. SKK Migas bisa berkolaborasi dan kerja sama dengan PWI, sehingga wartawan di Sumut paham tentang Migas,” ajak Farianda.

Baca Juga:  Saber Pungli Pusat Kunker ke Kota Pematangsiantar Pantau Kawasan Wisata

Sementara Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang, mengajak K3S membangun komunikasi dengan wartawan, karena K3S tidak paham dengan anatomi media. “Makna kata sinergi itu berkawan. Bangunlah perkawanan itu melalui perwujudan komunikasi dan silaturahmi,” ajaknya.

Turut sebagai narasumber pada kegiatan itu, Wendiyanto Saputro (Pemred Kumparan Bisnis) dan Diena Lestari (Redpel/GM Konten Bisnis Indonesia). Kegiatan yang dimoderatori Hanshardi itu diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada para narasumber dan foto bersama. (ril)