Di Tangan Dingin Nikson Wajah Baru Kota Tarutung Terlahir

Tapanuli Utara257 Dilihat

Tarutung, 27/12 (Batakpost.com)- Perubahan demi perubahan terus tercipta di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), khususnya di masa kepemimpinan Bupati Nikson Nababan yang dipercaya masyarakat memimpin “Kota Wisata Rohani” itu selama dua periode.

Gerakan membangun dari desa yang dipelopori Nikson sangat dirasakan masyarakat manfaatnya, karena Bupati turun langsung bahkan menginap di rumah masyarakat untuk melihat program yang digelontorkannya itu.

Keluhan dan harapan dari masyarakat desa direspon Nikson dengan menganggarkan dana untuk pembangunan yang diharapkan masyarakat.

Untuk menyeimbangkan pembangunan yang dari desa, pembangunan di perkotaan juga harus dipercantik. Itulah yang mendasari Ketua PDIP Taput ini melahirkan wajah baru Kota Tarutung yang peresmiannya dilangsungkan cukup meriah, kemarin, Senin (26/12/2022).

Bupati Nikson Nababan, bersama Wakilnya Sarlandy Hutabarat didampingi Ketua TP PKK Taput Satika Simamora, dan Wakil Ketua TP PKK Taput Marsaulina Lumbantobing, menandatangani prasasti pendirian wajah baru Kota Tarutung yang disaksikan masyarakat serta undangan di Jalan Sisingamangaraja Tarutung atau persis di depan Sopo Partungkoan Tarutung.

Baca Juga:  Ny St Aritonang boru Nadeak Meninggal Dunia dalam Peristiwa Gempa Cianjur Jabar

Bupati Nikson Nababan dalam arahannya menyampaikan, bahwa konsep membangun Taput adalah Desa Kuat Kota Maju. Desa-desa yang ada di Taput sudah dibebaskannya dari keterisoliran, maka Kota Tarutung pun penting untuk dipercantik.

Bupati Taput Nikson Nababan didampingi Wakilnya beserta Ketua TP PKK dan Wakil Ketua saat menandatangani prasasti Wajah Baru Kota Tarutung, Senin (26/12/2023) malam. (Batakpost.com/doc Humas Taput)

“Saat ini masih tahap awal, akan dilanjutkan dengan penataan taman kota atau alun-alun Kota Tarutung. Saya harap kepada kita semua masyarakat Tapanuli Utara, agar tempat ini bisa kita gunakan untuk bersantai rekreasi berkumpul dengan keluarga dan teman-teman,” ucapnya.

Untuk itu kepada Camat Tarutung dan Kadis Perkim serta Luhar, agar benar-benar menjaga dan memperhatikan tempat tersebut, pesan Nikson.

Baca Juga:  3 Bupati Komitmen Bersama Lestarikan Hutan Batang Toru

Dan kepada masyarakat Taput, Nikson berharap kerja sama yang baik untuk merawat tempat tersebut serta tidak membuang sampah sembarangan. Demikian juga fasilitas yang ada agar dipergunakan dengan bijak.

“Nanti akan segera disediakan Wifi dan CCTV untuk menghindari pengrusakan dan perbuatan tidak baik di sekitar tempat ini,” kata Bupati

Sedangkan bagi yang mau kuliner kata Nikson, akan disediakan tempatnya, hanya saja tidak banyak cukup beberapa tempat saja.

“Yang penting masyarakat bisa menikmati tempat ini dengan makanan khas dari Tapanuli Utara,” sambungnya.

Niksonpun kembali mengajak semua lapisan masyarakat untuk menikmati wajah baru Kota Tarutung.

“Mari kita jaga wajah baru Taput ini dengan bijak dan penuh kasih sayang, karena ini adalah wajah kita bersama yang harus kita rawat agar tetap indah dengan menjaga kebersihan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Empat Unit Rumah Terbakar di Tarutung, Satika Simamora Langsung Turun Berikan Bantuan dan Penghiburan

Dalam kesempatan sebelumnya, Ikatan Pemuda Tarutung, Heru Lumbantobing menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada Bupati Nikson Nababan yang sudah memberikan wajah baru di Tapanuli Utara khususnya di Kota Tarutung.

Selaku masyarakat Tarutung kata dia, mereka sangat bangga atas perhatian dari Bupati Nikson.

“Salah satu yang saya ingat dari pidato Bapak yaitu; selesai membangun akses dari desa ke desa, akan dilanjutkan ke Kota Tarutung, dan itu sudah terwujud. Untuk itu kami mengapresiasi gebrakan dari Bapak Bupati,” ungkapnya.

Sebelumnya Kadis Perkim Budiman Gultom dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Kota Tarutung mengenai kebersihan, kelestarian, keserasian dan keseimbangan ekosistem perkotaan yang meliputi unsur lingkungan, sosial dan budaya.

Pembangunan Taman Kota Tarutung ini kata dia, dibiayai dari APBD Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2022 pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tapanuli Utara.

Turut hadir dalam acara ini Forkopimda Taput, Pimpinan OPD, Camat dan Lurah serta masyarakat. (red)