Samosir

Bupati Samosir Mengucapkan Terima Kasih kepada Pastor Masseo Sitepu dalam Pisah Sambut Paroki St. Mikhael Pangururan

195
×

Bupati Samosir Mengucapkan Terima Kasih kepada Pastor Masseo Sitepu dalam Pisah Sambut Paroki St. Mikhael Pangururan

Sebarkan artikel ini
Bupati Samosir Mengucapkan Terima Kasih kepada Pastor Masseo Sitepu dalam Pisah Sambut Paroki St. Mikhael Pangururan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 5/2 (Batakpost.com) – Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pastor Masseo Sitepu dalam acara pisah sambut Paroki St. Mikhael Pangururan. Pastor Masseo telah memberikan pelayanan selama 7 tahun dalam upaya peningkatan iman di Kabupaten Samosir.

Dalam sambutannya, Bupati Samosir menyatakan apresiasi atas kontribusi Pastor Masseo, terutama dalam memberikan pengayoman, pendampingan, dan peningkatan iman bagi umat. Bupati juga menyoroti kesamaan misi dalam pelayanan, yaitu memberikan dukungan hingga ke daerah terkecil. “Terima kasih atas kerjasama selama ini,” ucap Vandiko T. Gultom.

Pisah sambut Pastor Paroki St. Mikhael Pangururan dari RP Masseo Sitepu, OFMCap kepada RP Elio Sihombing, OFMCap, dipimpin oleh Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap, dengan perayaan Ekaristi.

Dalam diskusi dengan Pastor Masseo, Bupati Samosir mengakui bahwa Pastor Masseo telah memberikan masukan berharga terkait peningkatan peran kaum laki-laki di gereja. Ide pelayanan sampai ke daerah terpencil dalam berbagai kegiatan keagamaan seperti Natal Oikumene dan Paskah Oikumene menjadi inspirasi untuk mendorong peningkatan iman di daerah-daerah terpencil.

Bupati Samosir berharap bahwa ide dan gagasan yang diberikan Pastor Masseo dapat terus dilanjutkan untuk mendukung peningkatan iman masyarakat di daerah terpencil maupun gereja kecil.

“Saya mohon, kiranya pelayanan ke desa/gereja terkecil dilanjutkan kembali. Siapapun yang menggantikan menjadi Ketua FK3S, saya harap Paskah tahun ini dilaksanakan di daerah terpencil,” ucap Vandiko.

Sebagai kaum muda yang energik, Vandiko mengajak Pastor Paroki St. Mikhael yang baru, RP Elio Sihombing, bersinergi dengan Pemkab Samosir, meningkatkan pelayanan kepada umat, dan melanjutkan program ke arah yang lebih baik.

“Kalau ada keperluan, Pastor telepon saya, kalau ada perintah, biar saya yang datangi,” tambah Vandiko.

Bupati Samosir juga menekankan pentingnya menjaga dan merawat pembangunan di Kabupaten Samosir. Ia memaparkan bahwa Kabupaten Samosir sudah semakin terkenal dengan pelaksanaan Aquabike Internasional dan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga hasil pembangunan yang sudah sangat baik.

Dalam konteks Pemilu 2024, Vandiko menghimbau seluruh masyarakat untuk menciptakan pemilu yang damai. Ia menitipkan tiga hal penting sebagai pedoman, yaitu menjaga pikiran, menjaga mulut, dan menjaga jari-jari.

“Silahkan cari hal-hal yang baik dari masing-masing calon, sebarkan yang baik, hindari saling menebar fitnah dan hoax,” pungkas Vandiko.

Uskup Agung Medan, Kornelius Sipayung, menekankan peran umat Katolik dalam mendukung pemerintah, menggalakkan pariwisata, dan melestarikan budaya. Ia berharap Museum yang ada di Paroki St. Mikhael dapat dikembangkan sebagai bukti komitmen umat Katolik dalam melestarikan budaya.

Pastor Masseo Sitepu, yang pindah tugas ke Paroki Katolik St. Clara Bekasi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen dan organisasi Katolik serta lembaga yang turut menjaga kondusifitas beragama dalam wadah FK3S.

“Terima kasih kepada Bupati Samosir dan jajaran pejabat Pemkab Samosir, kita bisa berkomunikasi dengan baik, berdiskusi, berkerjasama, dan mendukung berbagai kegiatan di Paroki. Saya merasa bangga dengan kehadiran Bupati, semoga sehat dan dikuatkan Tuhan menjalankan amanah di Kabupaten ini,” ucap Pastor Masseo.

Pastor RP Elio Sihombing yang baru menambahkan bahwa kehadiran Bupati dan jajaran pemerintah setempat menunjukkan kerjasama yang baik. Ia menyatakan kesiapannya untuk memberkati dan berkolaborasi, memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Samosir. Acara ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh dan pimpinan lembaga Katolik, serta pejabat pemerintah setempat. (int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300