Samosir

Bupati Samosir Dukung Penggunaan Dana Desa untuk Ketahanan Pangan

89
×

Bupati Samosir Dukung Penggunaan Dana Desa untuk Ketahanan Pangan

Sebarkan artikel ini
Bupati Samosir Dukung Penggunaan Dana Desa untuk Ketahanan Pangan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 5/7 (Batakpost.com) – Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom, secara resmi mendukung alokasi 20 persen dana desa untuk program bantuan ketahanan pangan (Ketapang) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pernyataan ini disampaikan saat penyerahan bantuan kepada 187 keluarga penerima manfaat di Desa Simanindo, yang dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Simanindo-Kecamatan Simanindo pada tanggal 5 Juli.

Bantuan yang diberikan berupa bibit jagung, kompos, dan jaring penangkap ikan, dipilih berdasarkan musyawarah masyarakat dan disesuaikan dengan kebutuhan setempat.

Vandiko menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir menerapkan pola sinergitas anggaran dengan menggabungkan dana desa, APBD Kabupaten, provinsi, dan pusat untuk mendukung program pembangunan. “Penggunaan 20 persen dana desa untuk Ketapang harus dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Vandiko.

Selain memberikan bantuan bibit dan pupuk, Pemkab Samosir juga memberikan pendampingan melalui petugas penyuluh pertanian sebagai komitmen dalam meningkatkan produksi pertanian. Vandiko menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan, terutama bagi para petani.

Penjabat Kepala Desa Simanindo, Dermawan Sinaga, menyatakan bahwa bantuan Ketapang merupakan bagian dari program nasional untuk mengurangi stunting dan kemiskinan ekstrim. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengawasi penggunaan bantuan ini agar tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

Salah satu penerima manfaat, Aljoni Sihaloho, mengakui manfaat besar yang diberikan oleh bantuan Ketapang. Ia berharap program ini dapat dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang. Kehadiran Bupati untuk kedua kalinya di Desa Simanindo dinilai sebagai bentuk kedekatan dan kepedulian terhadap masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Simanindo Hans Rikardo Sidabutar, Forkopimca Simanindo, serta pendamping desa dan keluarga penerima manfaat lainnya.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300