Berita UtamaKepulauan Nias

BP Jamsostek Optimalkan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Gunungsitoli

202
×

BP Jamsostek Optimalkan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Gunungsitoli

Sebarkan artikel ini
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan saat berkunjung ke Kota Gunung Sitoli untuk Optimalkan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. (Doc BP Jamsostek Sidimpuan)
Example 300x600

Gunungsitoli, 17/3 (Batakpost.com)- Kunjungan Kepala BPJS Ketenagakerjaan  Cabang Padangsidimpuan, Dr. Sanco Simanullang ke Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara pada Selasa, 7 Maret 2023 disambut baik oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Drs. Oimonaha Waruwu.

Kunjungan ini diadakan untuk mendiskusikan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Menurut Kakacab Sanco Simanullang, kesejahteraan pekerja dan keluarganya merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian khusus pemerintah, sehingga Inpres No 2 tahun 2021 dikeluarkan. BP Jamsostek Gunungsitoli mencatat bahwa jumlah kepesertaan di Kota Gunungsitoli, khususnya pada sektor Penerima Upah baru mencapai 14,25%, sedangkan Bukan Penerima Upah hanya 1,09%. Untuk kategori non ASN, hanya sekitar 931 orang yang terdaftar, sementara untuk Aparatur Desa baru 160 orang dari 16 desa.

Cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (Universal Labour Covereage) tergolong minim, hanya 5,9% dari 61.848 orang pekerja baik pekerja di Badan Usaha maupun pekerja mandiri (bukan penerima upah). Pemerintah Kota Gunungsitoli mendukung pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan dengan mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwal) dan juga instruksi Wali Kota.

Sekda Kota Gunungsitoli berharap seluruh pekerja di wilayah tersebut dapat menjadi peserta, termasuk Aparatur Desa di tahun 2023. Meskipun iuran semestinya bisa diambil dari dana desa, pihaknya belum memaksa hal itu. (red)