BI Sibolga Sukses Gelar Temu Responden 2022

Sibolga98 Dilihat

Sibolga, 22/11 (Batakpost.com)- Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga sukses menggelar kegiatan Temu Responden 2022 yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Yenni Sopo Holong, Kota Sibolga, Kecamatan Sibolga Utara, Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (22/11/2022).

Kegiatan yang bertemakan “Bijak dalam Menggunakan Uang Rupiah, diikuti Responden dari 16 Kabupaten/Kota yang menjadi wilayah kerja BI Sibolga.

Kepala Perwakilan BI Sibolga Yuliansah Andrias dalam sambutannya menyampaikan, Bank Indonesia dalam kapasitasnya sebagai bank sentral memiliki satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

BACA JUGA: BI Dorong Peningkatan UMKM dan Pariwisata Samosir Lewat Toba Jou Jou Festival 2022

Kestabilan tersebut mengandung dua aspek, yakni kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa atau biasa dikenal dengan inflasi, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain. ​​

Untuk mencapai tujuan tersebut, Bank Indonesia didukung oleh tiga pilar kebijakan yaitu; menerapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta menjaga stabilitas sistem keuangan.

Ketiga bidang tersebut kata Yuliansah perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien.

“Untuk menghasilkan kebijakan yang dapat mendukung tercapainya tujuan tunggal Bank Indonesia, diperlukan data yang tepat dan akurat,” katanya.

BACA JUGA: Lima Pesan Deputi Gubernur Bank Indonesia Saat Mengukuhkan Kepala Perwakilan BI Sibolga

Dalam memperoleh data yang tepat dan akurat sambungnya, Bank Indonesia tidak mungkin bekerja sendiri untuk melakukan hal tersebut, sehingga membutuhkan koordinasi, sinergi, dan peran serta dari banyak pihak.

“Bank Indonesia secara rutin melakukan berbagai survei baik secara langsung dan tidak langsung ke masyarakat dan para pelaku usaha di Indonesia, termasuk yang berada di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga yang meliputi 16 Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Utara,” ujarnya.

Survei tersebut…