Babinsa Koramil 01 Barus Bekali Siswa Baru SMKN 1 Barus Utara dengan PBB dan Wawasan Kebangsaan

Tapanuli Tengah113 Dilihat

Barus Utara, 12/7 (Batak Post.com)- Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 01 Barus Sertu Adi Wiguna memberikan Materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Pembekalan Baris Berbaris serta kemampuan Bela Negara kepada siswa/i Baru SMK Negeri 1 Barus Utara, di Desa Huta Ginjang, Kecamatan Barus Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Selasa (12/7/22).

Kegiatan yang diikut 60 orang siswa-siswi ini, adalah kerja sama antara Koramil 01 Barus dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Barus Utara.

Hal tersebut jelaskan oleh Sertu Adi Wiguna.

Menurutnya, pemberian materi Wawasan Kebangsaan bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan pelajar kepada tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara,

Baca Juga:  500 Pelamar CPNS Tapteng Ikuti Simulasi

“Pancasila sebagai Ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara,” ujarnya.

Dijelaskannya, setiap siswa harus mengetahui Empat Pilar Kebangsaan Negara Republik Indonesia serta harus dipahami oleh generasi muda terutama siswa.

Ada pun keempat Pilar Negara itu adalah, Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

BACA JUGA:Bupati Tapteng Akan Bangun Asrama Polsek dan Koramil serta Kantor PN Cabang Barus

“Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Jiwa dan Kepribadian Negara, Pancasila sebagai Ideologi Negara serta Pancasila sebagai Tujuan Hidup Kita,” urainya.

Sertu Adi Wiguna juga menjelaskan UUD 1945 merupakan Dasar Pedoman Negara untuk meraih Kemerdekaan, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan Semboyan Negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama di seluruh wilayah Negara Indonesia.

Baca Juga:  Bah..Ternyata Izin Gangguan Holyland Sudah Habis

“Kita harapkan hasil dari kegiatan ini untuk membentuk karakter pelajar yang disiplin, setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa agar senantiasa tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu di tempat yang sama Plt Kepala Sekolah SMKN 1 Barus Utara Binsar Parsaoran Hutagulung, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa Koramil 01 Barus yang telah memberikan Wasbang kepada siswa di SMKN 1 Batara dan diharapkan ke depan setiap siswa baru di SMK akan mendapat bimbingan Wasbang dan Pelatihan Baris Berbaris dari Koramil 01 Barus.

Baca Juga:  Bupati Akan Perbaiki Rumah Dinas Praeses HKI, Ephorus: Demikianlah Pemimpin Yang Baik

“Terima kasih kepada Bapak TNI yang sudah hadir memberikan materi Wawasan Kebangsaan di sekolah kami ini,” ucapnya.

Diakui Binsar, mereka dekat dengan TNI, demikian juga dengan anak didik mereka. Di mana para siswa sangat senang dan bangga ada motivasi dengan kehadiran personel TNI dari Koramil 01 Barus,

“Kami sangat antusias dengan kegiatan-kegiatan ini terutama dalam di siplin. Ke depannya kegiatan seperti ini menjadi satu agenda buat kami ujar,” kata Kepsek Barus Utara mengakhiri. (gide)