10 Tahun SMA Unggul Del Sederetan Prestasi Telah Diraih

Toba141 Dilihat

Toba, 13/10 (Batakpost.com)- 10 Tahun kehadiran SMA Unggul Del yang berada di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, telah mampu memberikan warna bagi dunia pendidikan di Sumatera Utara bahkan di Indonesia.

Di usianya yang ke 10 Tahun, sederetan prestasi telah diraih sekolah yang didirikan Jend (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan bersama sang istri Devi Pandjaitan.

Selain prestasi, kehadiran sekolah ini juga berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekolah dengan berbagai kegiatan dalam kurun waktu 10 Tahun.

“SMA Unggul Del selalu berusaha memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui setiap kegiatan selama 10 Tahun ini melalui bidang pendidikan,” ujar Ketua pengurus Yayasan Del, Intan Simanjuntak pada perayaan puncak HUT SMA Unggul Del ke 10, Sabtu (8/10/2022) di Gedung Serbaguna Yayasan Del di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba.

Dijelaskannya, SMA Unggul Del terpanggil untuk turut serta meningkatkan kualitas pendidikan di Bonapasogit pada khususnya dengan cara mendirikan sekolah bertaraf internasional, yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga unggul dalam karakter.

Berlandaskan pada 3M (Mar-Tuhan, Maroha dan Marbisuk), sebut Intan, founding fathers SMA Unggul Del berharap supaya setiap lulusan SMA Unggul Del menjadi pribadi yang bertanggung jawab, jujur dan mampu memberi dampak positif bagi banyak orang.

Baca Juga:  Korem 023/KS Gelar Apel Pasukan PAM VVIP

Lebih lanjut Intan mengatakan, dalam kurun waktu 10 Tahun ini, banyak prestasi yang sudah dicapai oleh SMA Unggul Del, seperti kolaborasi antara siswa, Guru dan Dosen IT DEL melakukan penelitian terhadap ragi (jamur Rhizorus SP) pada kondisi microgravity (minim gravitasi). Penelitian ini berlangsung pada tahun 2016-2017 berkoordinasi dengan Valley Christian Senior High School agar alat yang berisi tempe tersebut dapat dikirimkan ke NASA untuk diuji kelayakan terbangnya ke luar angkasa.

Aksi sosial SMA Unggul Del kepada Panti Asuhan dalam rangka HUT SMA Swasra Ungguk Del ke 10. (ist)
Aksi sosial SMA Unggul Del kepada Panti Asuhan dalam rangka HUT SMA Swasra Ungguk Del ke 10. (ist)

Selain kolaborasi penelitian, siswa-siswi SMA Unggul Del juga sering memenangkan olimpiade sains baik tingkat nasional maupun internasional. Salah satu prestasi yang pernah ditorehkan oleh siswa SMA Unggul Del, ialah meraih medali perak pada International Biology Olympiad (IBO) tahun 2018.

Perjalanan selama 10 Tahun SMA Unggul Del tentu banyak menorehkan prestasi dan menjadi motivasi dan semangat bagi para siswa untuk menempuh pendidikan yang lebih baik. Hal ini dibuktikan oleh para lulusan pada umumnya melanjutkan pendidikan di beberapa perguruan tinggi terbaik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini makin menambah pencapaian SMA Unggul Del sebagai salah satu sekolah swasta terbaik yang ada di Indonesia.

Baca Juga:  Ini Capaian Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Sejak Terbentuk

“Setiap tahun saat penerimaan siswa baru, terjadi peningkatan jumlah siswa yang mendaftar dari seluruh penjuru tanah air yang termotivasi untuk menjadi bagian dari SMA Unggul Del,” sebut Intan.

Khususnya tahun 2022 ini sambung Intan, ada 13 siswa Angkatan 8 SMA Unggul Del melanjutkan pendidikan di beberapa perguruan tinggi terbaik di dunia lewat program Beasiswa Indonesia Maju. Mereka diseleksi secara akademik maupun minat dan bakat. Kemudian, selama kurang lebih 8 bulan, mereka mengikuti pelatihan dan pembimbingan sebelum akhirnya mereka masing-masing mendaftar di beberapa perguruan tinggi yang ada di Amerika, Australia, China, Canada, dan Taiwan.

Edukasi Budaya Literasi Digital yang dilakukan SMA Swasta Ungguk Del terhadap SMP se-kawasan Del dalam rangka HUT ke 10 SMA Unggul Del. (Ist)
Edukasi Budaya Literasi Digital yang dilakukan SMA Swasta Ungguk Del terhadap SMP se-kawasan Del dalam rangka HUT ke 10 SMA Unggul Del. (Ist)

“Setiap tahun lulusan dari sekolah kita ini diterima di perguruan tinggi terbaik dalam dan luar negeri,” ungkapnya.

Ketua panitia perayaan 10 tahun SMA Unggukan Del, Machmudin, mengatakan,
rangkaian Perayaan 10 Tahun SMA Unggul Del dilaksanakan sejak Juli 2022 lalu hingga 8 Oktober 2022 yang terdiri dari tiga kegiatan besar, yakni aksi sosial, virtual art performance, dan perayaan puncak ulang tahun.

“Aksi sosial meliputi Diseminasi Program Guru Penggerak bagi guru/staf sekolah, Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pembelajaran Sosial Emosional bagi guru di empat SMP sekitar, Edukasi Cerdas Berbudaya Literasi Digital untuk siswa di empat SMP sekitar, Mitigasi Covid dengan Teater Boneka di empat SD sekitar Kabupaten Toba, Alumni Berbagi bersama seluruh siswa untuk berdiskusi tentang pendidikan di perguruan tinggi, dan SMA Unggul Del Berbagi dengan memberikan donasi kepada delapan panti asuhan di sekitar Toba pada 24 September 2022 dan 1 Oktober 2022,” papar Machmudin.

Baca Juga:  LPPM IT DEL Adakan Pelatihan Penggunaan SIAKAD di Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige

Sedangkan Virtual Art performance meliputi penampilan seni dan cerita tentang perjalanan SMA Unggul Del sejak didirikan pada tanggal 4 Juli 2012 yang ditayangkan melalui kanal YouTube SMA Unggul Del pada Sabtu, 8 Oktober 2022.

Sementara perayaan puncak 10 Tahun SMA Unggul Del diisi dengan acara perayaan ulang tahun melalui penampilan seni dan budaya oleh pegawai, siswa, serta mengundang beberapa seniman untuk meramaikan acara.

Tidak lupa seluruh warga sekolah, perwakilan orangtua alumni/siswa, perwakilan alumni, seluruh siswa SUD, Yayasan Del dan unit afiliasinya, masyarakat sekitar, dan pemerintah daerah turut diundang.

Acara puncak ini semakin meriah dengan penampilan kolaborasi siswa dengan guru-guru dan staf, dan juga penampilan bintang tamu Maria Simorangkir (Maria Idol).

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Unggul Del, Arini Desianti Parawi mengatakan, usia 10 tahun bukanlah waktu yang singkat, banyak hal yang baik sudah ditorehkan.

“Harapannya, 10 Tahun ini akan menjadi tonggak sejarah bagi SMA Unggul Del untuk tetap berusaha memberikan karya terbaik bagi semua masyarakat, bangsa, dan Negara, membawa kebaikan bagi banyak orang dimulai dari tepian Danau Toba,” tandasnya. (ril/jas)