Siantar

Wali Kota Pematang Siantar Menyambut Mahasiswa Baru dalam Kuliah Umum di Universitas HKBP Nommensen

211
×

Wali Kota Pematang Siantar Menyambut Mahasiswa Baru dalam Kuliah Umum di Universitas HKBP Nommensen

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Pematang Siantar Menyambut Mahasiswa Baru dalam Kuliah Umum di Universitas HKBP Nommensen
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Siantar, 15/9 (Batakpost.com) – Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA, diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Drs Pardamean Silaen MSi, menjadi pembicara utama dalam Kuliah Umum yang dihadiri oleh tujuh ratusan mahasiswa baru Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar. Acara ini berlangsung di aula Universitas HKBP Nommensen, Jalan Sangnaualuh Damanik, pada Jumat (15/09/2023).

dr Susanti, yang diwakili oleh Pardamean, sangat mendukung kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, yang bertujuan menyambut Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024 dengan tema “Bertumbuh dan Berbudaya”.

Dalam pidatonya, Pardamean mengungkapkan bahwa menjadi seorang mahasiswa adalah pencapaian berharga bagi setiap individu. Kata “mahasiswa” sendiri mengandung arti yang mendalam, di mana “Maha” berarti paling besar dan “Siswa” merujuk pada individu yang belajar dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

“Oleh karena itu, makna dari kata ‘mahasiswa’ adalah seseorang yang sedang mengejar pendidikan tinggi di perguruan tinggi dan telah mencapai tingkat kedewasaan, yang ditandai dengan tanggung jawab yang lebih besar,” jelasnya.

Pardamean menyoroti bahwa transisi dari menjadi siswa ke mahasiswa melibatkan perubahan yang signifikan dalam aspek akademik, sosial, emosional, dan pribadi. Proses ini memerlukan kemampuan adaptasi yang kuat, karena mahasiswa tidak hanya belajar secara akademis, tetapi juga mengalami pertumbuhan dalam kehidupan sosial, emosional, dan budaya.

Selain itu, dr Susanti dan Pemko Pematang Siantar berharap agar generasi mahasiswa dapat memainkan peran penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan mengikuti perkembangan teknologi dan menjadi daya saing yang handal.

Dalam konteks pembangunan Kota Pematang Siantar, Pemko mengajak mahasiswa dan civitas akademika Universitas HKBP Nommensen untuk berkolaborasi dalam upaya memajukan kota tersebut.

Ketua Panitia mengungkapkan bahwa ada sebanyak 732 mahasiswa baru angkatan 2023-2024 di Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, yang mengikuti PKKMB dari tiga fakultas. Kegiatan PKKMB direncanakan akan berlangsung selama dua hari.

Mewakili Pengurus Yayasan, Dr Hilman Pardede menekankan pentingnya pertumbuhan dan budaya bagi mahasiswa baru. Ia juga mengingatkan tentang dampak ekonomi global dan mendorong mahasiswa untuk bekerja keras dan cerdas.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, Dr Muktar Panjaitan, menyambut mahasiswa baru dan menekankan perlunya memahami budaya kampus serta menjauhi narkoba, hoaks, isu radikalisme, dan perpecahan.

Pembicara lain dalam acara ini meliputi Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH SIK dan Ketua Umum Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Pusat, Sahat Sinurat. Acara dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt Pinantun Simatupang.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300