Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Berita UtamaSibolga

Tekan Harga Bahan Pokok Sambut Ramadhan, BI Bersama Pemkot dan Bulog Sibolga Adakan Pasar Murah

155
×

Tekan Harga Bahan Pokok Sambut Ramadhan, BI Bersama Pemkot dan Bulog Sibolga Adakan Pasar Murah

Sebarkan artikel ini
Wakil Wali Kota Sibolga Pantas M Lumbantobing didampingi Kepala Perwakilan BI Sibolga Yuliansah Andrias dan Kabulog saat memantau pelaksanaan Pasar Murah di Kota Sibolga, Kamis (16/3/2023). (Batakpost.com/red)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Sibolga, 16/3 (Batakpost.com)- Bank Indonesia (BI) Sibolga bersama Pemerintah Kota (Pemkot) dan Badan Urusan Logistik (Bulog) Sibolga mengadakan Pasar Murah untuk membantu masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga bahan pokok, terutama menyambut bulan Ramadhan.

BI Sibolga memberikan dukungan subsidi ongkos angkutan untuk menekan harga dan menciptakan harga wajar di masyarakat.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Yuliansah Andrias selaku Kepala Perwakilan BI Sibolga menyebutkan bahwa dalam satu minggu ini, tersedia 15 ton beras dan sekitar 1.600 karton minyak goreng untuk didistribusikan kepada masyarakat. Sedangkan untuk gula pasir tidak ada subsidi mengingat harga masih normal.

“Jadi yang kita subsidi itu adalah harga beras dan minyak goreng,” terangnya, Kamis (16/3/2023).

Direncanakan Pasar Murah ini akan dilaksanakan selama satu minggu, sesuai hasil rapat dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Sibolga beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Pasar Murah telah dilaksanakan di Kabupaten Tapanuli Tengah, dan secara bersamaan dengan Pasar Murah Sibolga, BI juga melaksanakan di Kota Padangsidimpuan.

“Jadi Kota-kota yang dihitung inflasinya diadakan Pasar Murah,” kata Yuliansah menambahkan.

Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas M Lumbantobing mengapresiasi langkah yang diambil oleh BI dan Bulog Sibolga. Selain Pasar Murah, Pemkot Sibolga juga akan melakukan Operasi Pasar dalam menyambut bulan Ramadhan, dengan harapan dapat menekan inflasi di Kota Sibolga.

Pemkot Sibolga akan memantau pelaksanaan Operasi Pasar untuk memastikan sasaran operasi benar-benar dapat diakses oleh masyarakat. Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau.

“Kita berharap kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini karena penyumbang inflasi di Sibolga itu dari bahan pokok, mengingat Sibolga bukan memproduksi bahan pokok. Itulah salah satu tujuan kita mengadakan Operasi Pasar nanti untuk menekan inflasi di Kota Sibolga,” ungkap Pantas.

Ada pun harga bahan pokok yang dijual, untuk Beras Premium Rp 62.500 ukuran 5 Kg, Beras Medium Rp 45.000 ukuran 5 Kg. Minyak Goreng Rp 13.000/liter dan Gula Pasir Rp 13.500/Kg.

Warga pun berterima kasih atas adanya Pasar Murah tersebut. Mereka berharap kegiatan serupa bisa digelar lagi.

“Terima kasih kepada BI Sibolga, Pemkot, dan Bulog yang sudah mengadakan Pasar Murah ini. Kami berharap agar ke depan diadakan juga kegiatan serupa apalagi mau menjelang Ramadhan,” kata Sarina (53) warga Jalan Empat Sibolga. (red)