Berita UtamaBudaya

Sukses Mengarak Ulos 1.000 Meter di 8 Kabupaten, Kini Giliran Monas akan Dikelilingi Ulos

239
×

Sukses Mengarak Ulos 1.000 Meter di 8 Kabupaten, Kini Giliran Monas akan Dikelilingi Ulos

Sebarkan artikel ini
Mengarak ulos sepanjang 1.000 meter di 8 Kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba. Pada tanggal 3 November 2023 nanti, ulos ini akan diarak mengelilingi Monas. (Batakpost.com/Ist)
Example 300x600

Jakarta, 31/10 (Batakpost.com)- Sukses mengarak ulos sepanjang 1.000 meter di 8 Kabupaten yang ada di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, Panitia Hari Ulos Nasional IX tahun 2023 akan mengarak ulos dengan mengelilingi Tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta pada 3 November 2023.

Hal itu dikatakan Ketua Tim Kerja Panitia Hari Ulos Nasional IX tahun 2023 Mikhael Siregar kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Menurutnya kegiatan membentangkan ulos di Monas merupakan tindak lanjut dari aksi parade mengelilingi 8 Kabupaten di kawasan Danau Toba.

“Kegiatan kita mengelilingi 8 Kabupaten di kawasan Danau Toba sukses, dan puncaknya di Parapat pada 17 Oktober 2023 kemarin. Dan pada tanggal 3 November nanti kita akan adakan aksi di Monas. Untuk itu kami mengundang semua orang Batak yang ada di Jakarta untuk ikut membetangkan ulos 1.000 meter,” ajak Mikhael.

Dia pun berharap agar Presiden Jokowi berkenan menetapkan 17 Oktober sebagai Hari Ulos Nasional.

Untuk mempersiapkan kegiatan ini, panitia sudah tiba di Jakarta bersama dengan Ketua Yayasan Pusuk Buhit Efendy Naibaho alias Fenho, tim kerja lainnya seperti Ibnu Sanjaya Hutabarat, Asriel Hasibuan, Rudi Tamora Hutabarat, dan Arief Tampubolon.

“Kami memohon doa dari kita semua agar kegiatan ini berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Sebelumnya Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin telah melepas pemberangkatan ulos sepanjang 1.000 meter untuk dibentangkan di Monas. Hassanudin juga mendorong Hari Ulos Nasional agar bisa diterapkan Pemerintah Pusat menjadi warisan budaya nasional bahkan milik dunia.

Untuk diketahui, bahwa ulos sepanjang 1.000 meter ini adalah ulos hasil tenunan tanpa ada sambungan. (red)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS