Satika Simamora Harapkan Pengobatan Sampai ke Desa-desa

Taput, 15/7 (Batakpost.com)- Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Provinsi Sumatera Utara, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, gelar Gebyar Pengobatan Massal Gratis yang dipusatkan di Kecamatan Siborongborong, Tapanuli Utara, Kamis (14/7).

Pengobatan massal gratis ini mulai dari penyakit biasa sampai dengan operasi bibir sumbing, sunatan massal, operasi katarak, yang ditangani langsung para dokter spesialis yang dipimpin dr. Nafsir Pohan (spesialis bedah).

Ketua TP PKK Tapanuli Utara, Satika Simamora, SE, MM, hadir langsung dalam kegiatan ini didampingi Kadis Kesehatan Sudirman Manurung, Camat Siborongborong Herianto P Nababan, Kepala UPT Puskesmas Siborongborong, dr Tiurma Sinaga, serta Putri Otonomi Indonesia 2022 Gresita Siahaan di UPT Puskesmas Siborongborong, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

“Gebyar Pengobatan Gratis yang digagas Satgas BKB Sumut di Puskesmas Siborongborong ini sangat baik dan banyak membawa manfaat bagi kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, saya bangga atas inisiasi BKB dalam memprakarsai kegiatan ini dan tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Tapanuli Utara,” kata Satika Simamora dalam sambutannya.

BACA JUGA: Satika Simamoara Harapkan Lewat “Toba Fashion Week 2022” Perekonomian Para Pengrajin Tenun Ulos Terangkat

Satika berharap kegiatan tersebut harus dilaksanakan juga di desa-desa, tidak hanya di Kecamatan Siborongborong, akan tetapi hingga ke seluruh desa yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara dan sifatnya berkelanjutan.

“Dengan pengobatan ini, kita sebagai pelayanan masyarakat dapat hadir di tengah masyarakat untuk memastikan kesehatan masyarakat. Semoga kegiatan ini mendapat sambutan dari masyarakat sehingga apa yang menjadi program Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dapat terwujud termasuk masyarakat yang sehat dan religius,” harap Satika.

Dia juga berpesan agar semua petugas yang terlibat terus bekerja dengan tulus dan ikhlas, karena menangani masalah kesehatan diperlukan kerja sama dan peran aktif dari berbagai unsur organisasi pemerintah dan non pemerintahan.

“Kami berharap juga kepada BKB Sumut, agar nantinya mengunjungi daerah-daerah terpencil atau pelosok yang ada di Taput, seperti Garoga, sebab di sana masih banyak yang harus dibenahi karena fasilitas belum memadai. Dengan adanya nanti pengobatan di sana, pasti masyarakat akan lebih terbantu dari segi waktu dan materi,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Utara Sudirman Manurung menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut merupakan yang kedua kali dilaksanakan di Tapanuli Utara. Pertama di Kecamatan Siatas Barita.

“Kegiatan pengobatan gratis ini merupakan program dari BKB Sumatera Utara yang diusulkan melalui Dinas Kesehatan Tapanuli Utara, diikuti warga yang berasal dari Kecamatan Siborongborong, Sipahutar dan Muara. Hal Ini dilakukan sesuai dengan pengalaman ketika mendatangi rumah warga untuk mengetahui kondisi kesehatan masyarakat khususnya yang tidak bisa datang ke Puskesmas,” kata Sudirman menerangkan.

BACA JUGA: Bakhtiar Perintahkan Fraksi NasDem DPRD Tapteng Perjuangkan Bantuan Rp 2 Miliar Untuk 1.000 Orang Abang Becak

Diungkapkannya, program tersebut akan mereka laksanakan di setiap desa dan tidak hanya pengobatan di Puskesmas saja, namun sampai ke desa dan dusun khususnya melayani masyarakat yang tidak memungkinkan untuk datang ke Puskesmas.

“Kami juga akan langsung datang ke rumah masyarakat yang sakit melalui bidan desa. Jangan ragu untuk menyampaikan keluhan terkait kesehatan dan untuk datang berobat, kami akan memberikan pelayanan yang ramah dan maksimal untuk menuju Kabupaten Tapanuli Utara yang Maju Terus,” pungkasnya.

Mewakili Satgas BKB, dr Muhamad Natsir Pohan, SpB, menjelaskan, bahwa sasaran utama kegiatan tersebut adalah pelaksanaan sunat gratis, operasi bibir sumbing dan langit-langit, penyakit dalam dan penyakit lainnya. “Kegiatan ini adalah inovasi pelayanan yang digagas oleh Gubernur Sumatera Utara, Bapak Edy Rahmayadi untuk membantu mendekatkan akses layanan kepada masyarakat dengan mutu dan kualitas standart layanan yang sama,” jelasnya.

Atas kehadiran tim dari BKB Sumut, Ketua TP PKK Taput Satika Simamora bersama Kadis Kesehatan Taput Sudirman Manurung memberikan cinderamata dan juga bingkisan kepada pasien berupa susu, biskuit dan sarung serta bantuan transportasi. (ril)