Aslab

Rakornis TRC Penanggulangan Bencana Multi Sektor Resmi Dibuka di Kabupaten Asahan

88
×

Rakornis TRC Penanggulangan Bencana Multi Sektor Resmi Dibuka di Kabupaten Asahan

Sebarkan artikel ini
Rakornis TRC Penanggulangan Bencana Multi Sektor Resmi Dibuka di Kabupaten Asahan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Asahan, 6/6 (Batakpost.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan, Drs. John Hardi Nasution, M.Si, secara resmi membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pendampingan dan Pembinaan Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana Multi Sektor untuk wilayah Kabupaten Asahan, Batubara, Labuhan Batu Utara, dan Kota Tanjung Balai. Acara ini berlangsung di Aula Melati, Kantor Bupati Asahan.

Hadir dalam acara tersebut Kasubbid Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Provsu beserta jajaran, BPBD Kabupaten Asahan, BPBD Kabupaten Batubara, BPBD Kabupaten Labuhan Batu Utara, BPBD Kota Tanjung Balai, serta tamu undangan lainnya.

Kepala BPBD Provsu, melalui Kasubbid Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Provsu, Sofyan, ST, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan atas dukungan terhadap kegiatan Rakornis ini. Sofyan menyatakan bahwa BPBD Provsu siap mendukung dan membantu pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Utara dalam pembentukan TRC.

Dalam pidatonya, Sekda Kabupaten Asahan, Drs. John Hardi Nasution, M.Si, menegaskan pentingnya peran TRC dalam penanggulangan bencana. “TRC penanggulangan bencana merupakan tim yang memegang peran penting untuk melakukan pengkajian secara cepat dan tepat di lokasi bencana. Tim ini bertugas mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan sarana dan prasarana, serta gangguan terhadap fungsi pelayanan umum pemerintahan,” ujar Sekda.

Sekda juga menekankan perlunya kaji cepat dalam upaya mengetahui kebutuhan penanganan darurat di wilayah bencana. “Kaji cepat ini diperlukan untuk mengetahui kebutuhan penanganan darurat di wilayah bencana yang terjadi. Diperlukan tim yang memiliki kemampuan, kerjasama, dan satu persepsi dalam penanganan darurat bencana. Oleh karena itu, penyamaan persepsi dan cara pandang terkait TRC penanggulangan bencana sangat diperlukan,” tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Asahan menyambut baik kegiatan ini dan berharap Rakornis ini dapat memberikan manfaat sebagai forum untuk menggali pengetahuan tentang penanggulangan bencana, khususnya di wilayah masing-masing. “Kami mengharapkan agar kegiatan rapat koordinasi ini benar-benar memberi manfaat. Lakukan diskusi serta tanya jawab dengan para narasumber agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai,” tandas Sekda.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300