Samosir

Pemkab Samosir Gelar Panen Perdana Kentang di Desa Ronggur Nihuta

113
×

Pemkab Samosir Gelar Panen Perdana Kentang di Desa Ronggur Nihuta

Sebarkan artikel ini
Pemkab Samosir Gelar Panen Perdana Kentang di Desa Ronggur Nihuta
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 6/6 (Batakpost.com) – Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melaksanakan panen perdana tanaman kentang di lahan Kelompok Tani Purma, Desa Ronggur Nihuta, Kecamatan Ronggur Nihuta. Panen ini merupakan hasil dari bantuan benih kentang yang didanai oleh APBD Kabupaten Samosir Tahun Anggaran 2023.

Kelompok Tani Purma menerima bantuan benih kentang sebanyak 500 kg pada Desember 2023 dan mulai menanamnya pada Februari 2024 di lahan seluas 5 rante. Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir, Dr. Tumiur Gultom, SP, MP, bersama jajaran melakukan penghitungan produktivitas tanaman kentang (pengubinan) di lahan Poktan Purma. Hasilnya, produktivitas panen kentang mencapai sekitar 17,5 ton per hektare atau sekitar 700 kg per rante.

Kelompok Tani Purma mengungkapkan rasa puas dan bangganya atas hasil panen ini. Mereka berterima kasih kepada Pemkab Samosir atas bantuan benih kentang tersebut. Diharapkan ke depan, Kecamatan Ronggur Nihuta, khususnya Desa Ronggur Nihuta, dapat menjadi salah satu daerah penghasil kentang di Kabupaten Samosir.

Pada hari yang sama, juga dilakukan panen bersama tanaman kentang di lahan Kelompok Tani Berkat Tani, Desa Hutagalung, Kecamatan Harian. Bantuan benih kentang ini juga didanai oleh APBD Kabupaten Samosir Tahun 2023. Dari hasil penghitungan ubinan yang dilakukan oleh Staf Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir bersama PPL Desa Hutagalung, produktivitas mencapai sekitar 30 ton per hektare.

Kelompok Tani Berkat Tani juga merasa puas dan bangga dengan hasil panen yang mereka peroleh. Mereka berencana untuk membibitkan hasil panen ini untuk dilakukan kembali pertanaman dan pengembangan di lahan-lahan anggota Poktan Berkat Tani.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300