Pj Bupati Tapteng Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2022

Tapanuli Tengah210 Dilihat

Pandan, 23/12 (Batakpost.com)-  Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Dr. Elfin Elyas Nainggolan, M.Si, hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Lilin Toba 2022 yang digelar oleh Polres Tapteng di Lapangan Apel Mapolres Tapteng, Kamis (22/12/2022).

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba Tahun 2022 ini dipimpin oleh Kapolres Tapteng, AKBP Jimmy Christian Samma, S.I.K., didampingi Pj Bupati Tapteng, Dr. Elfin Elyas Nainggolan.

Amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dibacakan oleh Kapolres Tapteng, menyampaikan Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana, sehingga terselenggaranya secara optimal dan sinergi, Perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) berjalan kondusif.

Baca Juga:  SMAN 1 Matauli Pandan Dipercaya Negara Jerman Menjadi Tempat Magang Calon Guru Jerman

Selanjutnya, Kapolri menjelaskan bahwa laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, sehingga Pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM Level 1.

Selain itu, hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini.

“Polri dengan dukungan TNI, K/L, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas, serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari sampai dengan 9 Januari 2023. Operasi Lilin 2022 ini terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan,” terang Kapolri.

Baca Juga:  Kapolres Tapteng Ajak Masyarakat Sama-sama Ciptakan Suasana Kondusif di Bulan Ramadhan

Kapolri menyampaikan, terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau, serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan. Jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas pada Idul Fitri 2022 sebagai acuan.

“Keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Kepada seluruh personel pengamanan, saya berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini. Agar rekan-rekan senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan, serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah,” pungkasnya.

Baca Juga:  Pemkab Tapteng Siap Memberhasilkan Program JKN-KIS

Dalam apel ini, Kapolres bersama dengan Pj Bupati Tapteng menyematkan pita Operasi Lilin Toba 2022 kepada perwakilan masing-masing satuan yang turut terlibat.

Turut Hadir dalam Kegiatan tersebut, yaitu Wadandenpom 1/2 Sibolga, Mayor CPM Lucas Tio, SH, Dansatradar 234 Sibolga, diwakili Kapten Lek. Slamet, Danlanal Sibolga diwakili Letda Laut Ikhsan, Dandim 0211/TT, diwakili Kapten Inf Syahrial, Kadis Perhubungan Kabupaten Tapteng, Kepala BPBD Kabupaten Tapteng, Kor Pos SAR Sibolga, jajaran Polres Tapteng meliputi para Kabag, para Kasat, para Kapolsek, serta Peserta Apel. (red)