Berita UtamaBudaya

Pj Bupati Tapteng Bersama BRIN Tanam Pohon Barus di Situs Bongal

106
×

Pj Bupati Tapteng Bersama BRIN Tanam Pohon Barus di Situs Bongal

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas saat menanam pohon Kapur Barus di kawasan Situs Fansuri Bongal yang berada di Desa Jago-jago, Kecamatan Badiri, Tapteng pada acara peresmian Museum. (Batakpost.com/red)
Example 300x600

Tapteng, 17/5 (Batakpost.com)- Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Dr. Elfin Elyas, M.Si bersama dengan Dr. Herry Yogaswara dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) menanam pohon Barus di kawasan Museum Fansuri Situs Bongal yang ada di Desa Jago-jago, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Sabtu (13/5/2023) yang lalu.

Penanaman pohon itu dilakukan serangkaian acara peresmian Museum Situs Fansuri Bongal yang berlangsung cukup meriah.

Pj Bupati menyampaikan, bahwa pelestarian lingkungan khususnya pohon Kapur Barus sangat perlu dilakukan, mengingat Kabupaten Tapanuli Tengah adalah penghasil Pohon Barus di zamannya. Dan kejayaan itu harus dikembalikan dengan menggiatkan kembali menanam Pohon Barus.

“Beberapa bulan lalu saya bersama Sekda dan pimpinan OPD Tapteng sudah turun ke Desa Siordang, Kecamatan Sirandorung, Kabupaten Tapanuli Tengah. Di sana masih ada Pohon Barus yang sudah berusia ratusan tahun. Dan itu harus kita lestarikan. Dan salah satu bentuk pelestariannya dengan mengadakan penanaman Pohon Barus di lokasi Situs Bongal ini,” terang Elfin usai menanam pohon.

Hal senada juga disampaikan Dr. Herry Yogaswara. Menurut Direktur BRIN itu, sesuai dengan hasil risert bahwa Pohon Barus dan Damar banyak dulunya di daerah Kabupaten Tapanuli Tengah ini. Dia pun menyambut baik dengan ditanamnya Pohon Barus di kawasan Situs Fansuri Bongal yang ada di Desa Jago-jago, Badiri, karena dalam Museum Bongal ada tersimpan damar dari getah pohon yang dulunya tumbuh di Kabupaten Tapanuli Tengah. (red)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS