Teknologi

Perseteruan Elon Musk dan Jeff Bezos Kembali Memanas Terkait Pembatasan Peluncuran Starship

83
×

Perseteruan Elon Musk dan Jeff Bezos Kembali Memanas Terkait Pembatasan Peluncuran Starship

Sebarkan artikel ini
Perseteruan Elon Musk dan Jeff Bezos Kembali Memanas Terkait Pembatasan Peluncuran Starship
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Jakarta, 1/7 (Batakpost.com) – CEO SpaceX, Elon Musk, dan pendiri Amazon serta CEO Blue Origin, Jeff Bezos, kembali terlibat dalam perseteruan panjang mereka. Pemicu terbaru adalah pengajuan dokumen oleh Blue Origin kepada Administrasi Penerbangan Federal (FAA) yang menyerukan pembatasan rencana peluncuran roket Starship milik SpaceX dari Kennedy Space Center NASA di Florida. Alasan yang diajukan adalah untuk menjaga lingkungan dan komunitas setempat.

Elon Musk merespons keras melalui platform media sosialnya, X.com. Dia mengkritik Blue Origin dengan menyebutnya ‘Sue Origin’, mengindikasikan ketidaksetujuannya terhadap upaya Blue Origin untuk menghambat SpaceX melalui regulasi.

“Tidak keren bagi mereka untuk mencoba (untuk ketiga kalinya) menghambat kemajuan SpaceX melalui undang-undang,” tulis Musk dalam cuitannya.

Perseteruan antara Musk dan Bezos sudah berlangsung lama. Musk sering kali melontarkan kritik pedas terhadap Blue Origin, seperti dalam kasus pendarat ‘Blue Moon’ yang disebutnya ‘Blue Balls’ pada tahun 2019. Pada tahun 2021, Musk juga menyoroti kegagalan Blue Origin mencapai orbit.

Blue Origin telah lama menentang pengembangan roket Starship milik SpaceX, terutama terkait kontrak NASA yang diberikan kepada SpaceX untuk pendaratan bulan. Pada Agustus 2021, Blue Origin bahkan menggugat NASA terkait hal ini, meskipun gugatan tersebut akhirnya ditolak oleh pengadilan.

Perseteruan antara keduanya tidak hanya terbatas pada sektor antariksa, tetapi juga mencakup isu-isu seperti pengembangan konstelasi satelit, di mana anak perusahaan Amazon, Kuiper Systems, telah mencoba menghambat ekspansi Starlink milik SpaceX.

Terkait isu lingkungan terkait Starship, SpaceX telah menjalani penilaian menyeluruh oleh FAA untuk operasi di Texas Selatan. Namun, rencana pemindahan peluncuran ke Kompleks Peluncuran 39A di Kennedy Space Center memicu investigasi baru terkait dampak lingkungan pada bulan Mei lalu.

Kesimpulannya, sementara Blue Origin mengajukan alasan lingkungan untuk pembatasan ini, tetap menjadi perdebatan apakah regulator harus benar-benar menahan peluncuran Starship yang direncanakan. Perseteruan antara Musk dan Bezos terus memanaskan dunia teknologi dan antariksa dengan berbagai intrik dan persaingan yang terus berlanjut.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300