Permasalahan Kesadaran Berlalu Lintas Masih Sangat Memprihatinkan

Tapteng, 4/10 (Batakpost.com)- Permasalahan kesadaran berlalu lintas di jalan raya masih sangat memperihatinkan. Akibatnya angka kecelakaan dan juga kemacetan masih tinggi.

Untuk menyikapi permasalahan tersebut sekaligus upaya peningkatan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, Polda Sumatera Utara beserta jajaran menggelar Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan dengan sandi “Operasi Zebra Toba 2022”.

BACA JUGA: Pangdam I/BB Berikan Bantuan Sembako Untuk Korban Gempa Taput

Operasi ini berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 3-16 Oktober 2022, dengan mengedepankan kegiatan Pre-emtif dan Preventif, didukung pola penegakan hukum secara elektronik menggunakan Etle Statis dan Mobile maupun teguran secara Simpatik.

Demikian disampaikan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si dalam amanatnya yang dibacakan Waka Polres Tapanuli Tengah, AKBP H. Rokhmat, SH, MH, yang menjadi Pembina Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan Polres Tapanuli Tengah di Mapolres Tapteng, Senin (4/10/2022).

Apel yang bertemakan “Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Kamseltibcar Lantas Yang Presisi” merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Zebra Toba-2022 baik pada Aspek Personel, Sarana Prasarana, termasuk keterlibatan seluruh unsur terkait.

BACA JUGA: Kapolres Tapteng: Penyalahgunaan Narkoba Tertinggi di Indonesia Ada di Sumut

Kapolda juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan Operasi, yaitu; melaksanakan tugas secara profesional, bermoral dan humanis. Optimalkan kegiatan analisa dan evaluasi secara rutin untuk mengukur tingkat keberhasilan dan menghasilkan solusi atas kendala yang dihadapi. Meningkatkan pengawasan dan pengendalian selama pelaksanaan operasi sehingga dapat mencegah segala bentuk penyimpangan yang bersifat kontra produktif.

“Jadilah teladan dalam berlalu lintas dan senantiasa utamakan faktor keamanan dan keselamatan bagi diri sendiri serta masyarakat pengguna jalan lainnya,” tutupnya. (ril)