Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Samosir

Peringatan Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Samosir: Sejarah, Prestasi, dan Harapan

184
×

Peringatan Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Samosir: Sejarah, Prestasi, dan Harapan

Sebarkan artikel ini
Peringatan Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Samosir: Sejarah, Prestasi, dan Harapan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 8/1 (Batakpost.com) – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Samosir Tahun 2024, DPRD Kabupaten Samosir menggelar Rapat Paripurna di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPRD Kabupaten Samosir, Komplek Perkantoran Parbaba, Senin (08/01).

Hadir dalam rapat paripurna ini, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST, Wakil Bupati Drs. Martua Sitanggang, MM, Pimpinan dan Anggota DPRD Samosir, Forkopimda, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Pimpinan OPD dan Camat se-Kabupaten Samosir, pimpinan BUMN/BUMD dan Instansi Vertikal, mantan Wakil Bupati Samosir, mantan DPRD Samosir, Tokoh Pemrakarsa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OKP, LSM dan insan Pers.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Rapat dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD, Sorta E. Siahaan didampingi Wakil Ketua Pantas M. Sinaga dan Nasip Simbolon.

Selanjutnya, pimpinan rapat mempersilahkan Plh. Sekda Hut Isasar Simbolon membacakan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Samosir.

Mewakili Tokoh Pemrakarsa, Manginar Sitanggang mengajak para hadirin untuk merenung masa Kabupaten Samosir sebelum pemekaran, masa sekarang dan masa yang akan datang.

Dirinya mengisahkan bagaimana upaya pemekaran Samosir membutuhkan perjuangan yang cukup panjang yang dialami oleh tokoh-tokoh pemrakarsa.

Dikatakan Manginar, bahwa masa sekarang banyak perkembangan dalam pemerintahan, pembangunan dan pada perekonomian masyarakat. “Kita pantas bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, bahwa Samosir diijinkan menjadi sebuah Kabupaten, dan sudah kita rasakan saat ini banyak perkembangan dan kemajuan”, ujarnya.

Sejalan dengan ditetapkannya Samosir dan Danau Toba sebagai daerah pariwisata super prioritas, Manginar berharap kedepan agar eksekutif, legislatif, dan yudikatif menyatukan Visi dan Misi demi Samosir lebih jaya dan lebih makmur kedepan.

Mewakili mantan Bupati/Wakil Bupati Samosir, Ir. Juang Sinaga (Wakil Bupati Samosir Periode 2015-2020) dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjuangan tokoh-tokoh pemrakarsa bukan semata-mata hanya pembentukan kabupaten saja, tetapi adalah perjuangan untuk kesejahteraan masyarakat Samosir.

“Mengingat perjuangan para tokoh tersebut, maka kita sepatutnya untuk mendedikasikan hidup kita untuk pembangunan Kabupaten Samosir yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, kata Juang Sinaga.

Ketua DPRD Samosir Periode 2004-2009, Jonni Naibaho menyampaikan selamat ulang tahun yang ke-20 untuk Kabupaten Samosir. “Usia 20 tahun, saya kira sudah bisa marathon. Maka kita harapkan kedepan, Kabupaten Samosir semakin maju, semakin jaya dan masyarakatnya semakin sejahtera”, kata Jonni.

Jonni Naibaho juga meminta agar Pemkab Samosir menuliskan nama nama tokoh pemrakarsa pembentukan Kabupaten Samosir dalam ‘tinta emas’ dan bila perlu dibuatkan prasasti untuk mengenang jasa-jasanya.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST mengawali sambutannya menyampaikan atas nama pribadi, keluarga dan atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir, mengucapkan Selamat Hari Natal 2023 dan Selamat Tahun Baru 2024, dan Dirgahayu Kabupaten Samosir ke-20, tanggal 7 Januari 2024, kepada segenap masyarakat Kabupaten Samosir di manapun berada, kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Samosir, segenap aparatur pemerintah, TNI/Polri dan swasta serta seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Samosir.

“Semoga kita dapat bergandengan tangan untuk percepatan pencapaian visi Kabupaten Samosir, yaitu terwujudnya masyarakat samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, pendidikan dan kesehatan”, kata Vandiko.

Pada kesempatan ini, Bupati Samosir mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Samosir yang tetap menjaga kondusifitas kehidupan, dan diharapkan kondisi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada hari-hari yang akan datang. Selanjutnya Bupati meminta agar momentum peringatan hari jadi ke-20 Kabupaten Samosir dapat dimaknai untuk melihat masa lalu sebagai sebuah rantai sejarah dan kita jadikan fondasi yang sangat bernilai dan refrensi untuk menapaki masa kini dan masa depan; mengkaji kembali tentang apa yang telah kita lakukan dan apa yang akan kita lakukan sebagai antisipasi terhadap masalah yang sama muncul di masa mendatang dan sekaligus mengingatkan kita bahwa pemerintah dibentuk untuk melayani masyarakat; serta mengingatkan kita akan peranan segenap orang yang telah berjuang untuk perkembangan dan kemajuan Kabupaten Samosir yang kita cintai ini.

Ditambahkan, peringatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Samosir merupakan momentum untuk mengenang lembaran sejarah 20 (dua puluh) tahun Kabupaten Samosir. Beragam keberhasilan telah dicapai, namun tidak terlepas dari berbagai tantangan dan persoalan yang harus menjadi catatan dan perhatian seluruh komponen masyarakat.

“Setiap masa ada pemerintahan dan pemimpinnya sendiri, dan setiap pemimpin dan pemerintahan punya masanya sendiri. Namun setiap masa dan setiap pemimpin sudah barang tentu berbakti dan berbuat yang terbaik untuk membangun daerahnya ke arah yang lebih baik. Maka perayaan dua puluh tahun perjalanan Kabupaten Samosir ini, kita jadikan bersama sebagai energi positif untuk terus melakukan pembenahan serta berupaya merespon seluruh harapan, aspirasi, serta kebutuhan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat”, kata Vandiko.

Vandiko juga berharap seiring bertambahnya usia, Kabupaten Samosir akan terus meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan publik serta pemerataan pembangunan, demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Samosir yang makin sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Terakhir, Bupati Vandiko menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada para tokoh pejuang pembentukan Kabupaten Samosir dan kepada para pemimpin pemerintahan yang telah memberikan kontribusi melalui pemikiran dan karya dalam membangun Samosir.

“Dirgahayu Kabupaten Samosir, semoga ridho Tuhan selalu menyertai kita, dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian kita di masa-masa yang akan datang, serta rahmat Tuhan yang maha kuasa selalu berkelimpahan atas Kabupaten yang kita cintai ini”, tutup Vandiko.

Sebelum menutup rapat paripurna, Ketua DPRD Samosir, Drs. Sorta E. Siahaan mengatakan, bahwa hari ini menjadi hari yang istimewa sebagai hari jadi Kabupaten Samosir, patut disyukuri sebagai berkat Tuhan.

Lebih lanjut disampaikan, diusia ke-20 Pemkab Samosir dituntut mempersiapkan diri dengan melakukan langkah strategis yang terukur dengan prioritas pembangunan dibidang ekonomi, pertanian, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pariwisata.

“Kita juga patut bersyukur dan bangga karena dalam 20 Tahun, banyak kemajuan yang telah kita capai. Namun tidak pula dapat diingkari masih banyak juga kekurangan yg perlu kita benahi bersama kedepan”, kata Sorta.

Oleh karenanya, Sorta mengajak hadirin melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dan apa yang akan dilakukan kedepan. Merefleksi diri terhadap seberapa tulus dan ikhlas hati nurani, pengabdian yang kita berikan dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Samosir.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS