Samosir

Penanaman Perdana Padi Gogo di Kabupaten Samosir untuk Mengantisipasi Krisis Pangan

126
×

Penanaman Perdana Padi Gogo di Kabupaten Samosir untuk Mengantisipasi Krisis Pangan

Sebarkan artikel ini
Penanaman Perdana Padi Gogo di Kabupaten Samosir untuk Mengantisipasi Krisis Pangan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 30/5 (Batakpost.com) – Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melaksanakan penanaman perdana Padi Gogo bersama Kelompok Tani St. Adrianus Peajolo di Desa Maduma, Kecamatan Simanindo, pada Kamis (30/5). Penanaman ini dilakukan secara bertahap di lahan seluas 2 hektar, dimulai dengan penanaman simbolis oleh Bupati Samosir yang diwakili oleh Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian, Dr. Tumiur Gultom, SP, MP.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Kelompok Tani, Edward Turnip, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Rimbun Mawarni A. Sinaga, Kepala Desa Maduma, Daya M. Turnip, Babinsa, petugas PPL, serta mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Medan.

Dr. Tumiur Gultom menjelaskan bahwa program penanaman Padi Gogo ini merupakan inisiatif pemerintah pusat melalui APBN Kementerian Pertanian TA. 2024. Program ini merupakan salah satu strategi untuk mengantisipasi krisis pangan. Padi Gogo adalah jenis padi yang ditanam di lahan kering dengan sistem pengairan yang hanya mengandalkan air tadah hujan.

“Untuk Kabupaten Samosir, Kementan akan memberikan dukungan benih dengan kuota untuk 500 hektar. Namun, saat ini Dinas Ketapang dan Pertanian masih mengumpulkan 170 hektar CPCL (Calon Petani dan Calon Lokasi) sambil menunggu kedatangan benih dari Kementerian Pertanian,” ujar Tumiur Gultom.

Adapun jenis benih yang ditanam adalah Padi Gogo varietas Sigambiri Merah yang sudah terstandarisasi oleh Kementerian. “Karena masyarakat sudah mempersiapkan lahan dan siap untuk ditanami, maka benih yang kita tanam hari ini masih diupayakan oleh Dinas, sembari menunggu turunnya benih dari pemerintah pusat,” tambahnya.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Samosir dalam mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan petani lokal melalui program-program pertanian yang inovatif dan berkelanjutan.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300