Samosir

Pemkab Samosir dan Dinas P3AKB Provinsi Sumut Gelar Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan

141
×

Pemkab Samosir dan Dinas P3AKB Provinsi Sumut Gelar Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan

Sebarkan artikel ini
Pemkab Samosir dan Dinas P3AKB Provinsi Sumut Gelar Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 7/5 (Batakpost.com) – Pemkab Samosir, bekerja sama dengan Dinas P3AKB Provinsi Sumatera Utara, mengadakan sosialisasi penyusunan dan pemanfaatan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) di wilayah tersebut. Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Hotraja Sitanggang, di Aula Kantor Bupati Samosir pada tanggal 7 Mei.

GDPK merupakan arahan kebijakan yang termasuk dalam program lima tahunan Pembangunan Kependudukan Indonesia, bertujuan untuk mencapai target pembangunan kependudukan. Kabid Pengendalian Penduduk Dinas P3AKB Provinsi Sumatera Utara, Laura Ance Sinaga, menyebutkan bahwa setiap Kabupaten/Kota diwajibkan menyusun GDPK sesuai dengan Perpres 153 tahun 2014. GDPK ini menjadi rumusan perencanaan pembangunan kependudukan untuk 25 tahun ke depan, yang dijabarkan setiap lima tahun.

Laura Ance Sinaga memberikan pembekalan tentang tata cara penyusunan GDPK yang mencakup lima pilar utama, yakni pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pengarahan mobilitas penduduk, pembangunan keluarga, dan pengembangan database kependudukan.

Hotraja Sitanggang menyambut baik upaya Dinas P3AKB Provinsi Sumatera Utara dalam pembentukan GDPK Kabupaten Samosir. Ia menekankan pentingnya keseriusan dan komitmen dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk bersinergi, saling mendukung, dan memberikan data sehingga GDPK Kabupaten Samosir dapat diselesaikan pada tahun 2024.

Lebih lanjut, Hotraja menegaskan bahwa GDPK merupakan alat penting dalam memantau dan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan kependudukan. Selain itu, GDPK juga berperan sebagai rujukan dalam perencanaan pembangunan kependudukan untuk memastikan tidak adanya penyimpangan dari garis besar yang telah ditetapkan.

Kadis P3AP2KB, Friska Situmorang, berharap agar Dinas P3AKB Provinsi Sumatera Utara tetap memberikan dukungan dan siap menjawab komunikasi dari Pemkab Samosir dalam pembentukan GDPK Kabupaten Samosir.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh narasumber dari Tim Koalisi Kependudukan Sumut, Hamzah, dan seluruh pimpinan OPD se-Kabupaten Samosir.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300