Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Medan

Medan Siapkan Tim Keamanan Pangan Jelang Idulfitri 1445 H untuk Jamin Mutu dan Keamanan Pangan

90
×

Medan Siapkan Tim Keamanan Pangan Jelang Idulfitri 1445 H untuk Jamin Mutu dan Keamanan Pangan

Sebarkan artikel ini
Medan Siapkan Tim Keamanan Pangan Jelang Idulfitri 1445 H untuk Jamin Mutu dan Keamanan Pangan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 26/3 (Batakpost.com) – Dalam upaya menjamin keamanan dan mutu pangan menjelang perayaan Idulfitri 1445 H, Pemerintah Kota Medan telah mengambil langkah strategis dengan menurunkan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah ke berbagai pasar, baik modern maupun tradisional. Langkah ini diumumkan dalam sebuah rapat koordinasi yang dipimpin oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Setdako Medan, Agus Suriyono, pada hari Selasa (26/3/2024) di Ruang Rapat Bagian Pembangunan Kantor Wali Kota Medan.

Rapat tersebut dihadiri oleh pejabat penting termasuk Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan, Gelora Kurnia Putra Ginting, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Nurbaiti Harahap, serta perwakilan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan perangkat daerah lain yang termasuk dalam Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah Kota Medan. Agus Suriyono menekankan pentingnya pengawasan dan monitoring yang intensif menjelang hari raya.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Dalam rapat tersebut, terdapat kesepakatan bahwa tiga kelompok kerja (Pokja) dalam Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah, yaitu Pokja Jejaring Intelijen Pangan, Pokja Jejaring Pengawasan Pangan, dan Pokja Jejaring Promosi Keamanan Pangan akan bekerja sama secara tim untuk melakukan pengawasan dan monitoring. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup, berkualitas, aman, merata, dan terjangkau oleh masyarakat Medan.

Setiap anggota tim, yang merupakan perwakilan dari perangkat daerah terkait, akan melakukan pengawasan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. “Dari Dinas Ketahanan Pangan, kami akan fokus pada pemeriksaan pangan segar, termasuk segar asal tumbuhan. Kami akan mengambil sampel dan melakukan pemeriksaan,” kata Gelora Kurnia Putra Ginting, mengungkapkan komitmen dinasnya dalam menjaga keamanan pangan.

Kegiatan pengawasan dan monitoring ini diharapkan dapat mengantisipasi dan mencegah beredarnya pangan yang tidak memenuhi standar keamanan dan mutu, sehingga masyarakat Medan dapat merayakan Idulfitri dengan pangan yang sehat dan aman.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS