LPPM IT DEL Adakan Pelatihan Penggunaan SIAKAD di Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige

Toba212 Dilihat

Toba, 12/12 (Batakpost.com)- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Del (LPPM IT Del) melalui Program Pengabdian ke Masyarakat (PkM) hibah internal, mengadakan pelatihan penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) di Sekolah Tinggi Diakones (STD) HKBP Balige pada tanggal 29 November 2022 lalu.

Pelatihan ini merupakan kegiatan Tridarma Penguruan Tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat.

Menurut Indra Hartarto Tambunan, Ph.D selaku Ketua Peneliti mengatakan, dipilihnya STD HKBP Balige menjadi mitra dalam Pengabdian ke masyarakat yang telah dimulai dari bulan Mei 2022 lalu, diawali dengan pertemuan antara pihak STD HKBP dan IT Del yang diwakili oleh Diak Diana Christiany Malau, S.Ag dan Diakones Maria Magdalena Manalu, S.Ag dari STD HKBP dan Indra Hartarto Tambunan, Ph.D dari IT Del.

Baca Juga:  Billboard Perhelatan F1 H2O Danau Toba 2023 Ramai Terlihat

Dari pertemuan tersebut kata Indra, pihak STD HKBP Balige meminta penambahan beberapa fitur untuk Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dan pihak IT Del menyetujui hal tersebut lewat jalur pengabdian ke masyarakat melalui LPPM IT Del.

Dalam pengembangan SIAKAD STD HKBP Balige, Indra Hartarto Tambunan membentuk tim yang beranggotakan Anggiat S. P. Tambunan, S.Tr.Kom (Staf Peneliti), Andree Panjaitan (mahasiswa IT Del) dan Kevin Tambunan (mahasiswa IT Del).

LPPM IT DEL Adakan Pelatihan Penggunaan SIAKAD di Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. (Batakpost.com/Doc IT DEL)

“Pengembangan fitur SIAKAD versi 2 telah menambahkan fitur program pemerintah yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang berdampak terhadap proses pendaftaran MBKM sampai dengan konversi nilai mata kuliah sebesar 20 SKS dapat mudah dilakukan,” jelas Indra, Senin (12/12/2022).

Baca Juga:  Video Batak Orang Ketiga Dengan Gaya Banci Viral

Selain itu, terdapat penambahan fitur unggah dan unduh tugas perkuliahaan yang bersifat semi Learning Management System (LMS) yang mempermudah dosen dan mahasiswa STD HKBP Balige dalam tugas perkuliahaan.

Pelatihan yang dibuka oleh Indra Hartarto Tambunan ini dihadiri 170 mahasiswa dan 7 dosen yang dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi bersama dosen STD HKBP Balige dengan pembicara Anggiat S. P. Tambunan, S.Tr.Kom, dan sesi bersama mahasiswa STD HKBP Balige dengan pembicara Andree Panjaitan.

Sebelumnya Ketua STD HKBP Balige, Diak. Dr. Eleven Sihotang mengucapkan terima kasih kepada IT Del yang telah membantu STD HKBP dalam mengembangkan SIAKAD STD HKBP Balige. Diharapkan pengembangan sistem informasi akademik ini dapat membantu civitas STD HKBP Balige dalam mempermudah proses perkuliahaan. (ril)

Baca Juga:  Inilah Makna di Balik Prosesi Adat Penyambutan Presiden di Toba